Cara Mudah Menghitung Dosis Obat Untuk Anak-anak atau Balita

Cara Mudah Menghitung Dosis Obat Untuk Anak-anak atau Balita - Pemberian obat kepada anak dan dewasa tentunya memiliki dosis yang berbeda sehingga dokter spesialis anak tentu tak lepas dari perlunya ketepatan dosis dalam melakukan terapi pada pasien.
Cara Mudah Menghitung Dosis Obat Untuk Anak-anak atau Balita, 3 rumus menghitung obat untuk bayi, balita dan anak-anak
Dengan dosis yang tepat, pengobatan yang diberikan tentu juga diharapkan tepat, efek samping obat dapat dihindari, pemberian terapi menjadi rasional, dan keberhasilan terapi meningkat. Anak-anak atau balita memerlukan ketepatan dan keakuratan dalam pemberian dosis obat.

Kurangnya dosis obat dapat menyebabkan terapi menjadi tidak efektif dan lebihnya dosis dapat membahayakan akibat penumpukan kelebihan dosis obat.

Setiap obat tentu memiliki dosis yang berbeda satu dengan lainnya, maka dari itu sangat penting ketepatan jumlah dosis setiap obat yang diberikan kepada Anak-anak atau Balita.

Dari alasan yang disebutkan diatas, kami akan mencoba membahas sedikit cara menghitung dosis obat untuk anak-anak atau balita. Ada beberapa rumus yang dipakai untuk menghitung dosis obat untuk anak-anak atau balita, namun pada kesempatan ini kami hanya membahas 3 saja rumus simple dan mudah dipelajarinya. Silakan disimak penjelasan dengan disertai contoh dibawah ini :

Cara Mudah Menghitung Dosis Obat Untuk Anak-anak atau Balita

1. Menggunakan rumus Fried : Untuk Anak atau Balita 1 tahun kebawah

Keterangan :

  • DA = Dosis Anak
  • m = Umur anak dalam bulan
  • DD = Dosis Dewasa
  • 150 = Ketepatan Fried

Contoh kasus : Seorang anak berusia 6 bulan akan diberikan parasetamol dengan dosis orang dewasa  500 mg. Berapakah dosis yang harus diberikan pada anak tersebut ?

Jadi dosis obat parasetamol yang harus diberikan untuk anak atau balita 1 tahun kebawah adalah 20 mg setiap kali pemberian.

2. Menggunakan rumusYoung : Untuk Anak Umur 1 s.d 8 tahun
Keterangan :
  • DA = Dosis Anak
  • n = Umur anak dalam tahun
  • DD = Dosis Dewasa

Contoh kasus : Seorang anak berusia 5 tahun akan diberikan parasetamol dengan dosis orang dewasa 500 mg. Berapakah dosis yang harus diberikan pada anak tersebut ?

Jadi dosis obat parasetamol yang harus diberikan untuk anak atau balita 5 tahun adalah 94 mg setiap kali pemberian.

3. Menggunakan rumus Dilling : Untuk Anak Umur 8 s.d 20 tahun
Keterangan :
  • DA = Dosis Anak
  • n = Umur dalam dewasa
  • DD = Dosis Dewasa

Contoh kasus : Seorang anak berusia 10 tahun akan diberikan parasetamol dengan dosis orang dewasa 500 mg. Berapakah dosis yang harus diberikan pada anak tersebut ?

Jadi dosis obat parasetamol yang harus diberikan untuk anak usia 10 tahun adalah 250 mg setiap kali pemberian.

Demikian sedkiti tutorial Cara Mudah Menghitung Dosis Obat Untuk Anak-anak atau Balita. Tutorial ini tidak menggantikan konsultasi dengan dokter anak. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mudah Menghitung Dosis Obat Untuk Anak-anak atau Balita"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel