Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Cepat Cek Data DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial)

Penerima bantuan sosial sekarang diwajibkan masuk dalam  Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Sebab kalau tidak masuk dalam DTKS akan sulit untuk mendapat bantuan sosial. Akurasi data penerima bantuan sosial (bansos) agar terus memperbarui (diupdate) oleh Pemda menjadi penting dan strategis, untuk selanjutnya dimasukkan ke dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Sebab kalau tidak masuk itu akan sulit untuk mendapat bantuan sosial.

Dengan adanya pembaruan data oleh Pemda, maka segala bantuan sosial (bansos) akan ditetapakn pemerintah akan lebih tepat sasaran.

Sebagian masyarakat bertanya-tanya, bagaimana caranya kita bisa  mengetahui status kepesertaan bansos atau nama kita masuk di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 
Cara untuk mengetahui nama kita masuk ke dalam DTKS, yaitu bisa tanya data tersebut ke Dinsos Kabupaten/Kota dengan membawa Kartu Keluarga (KK) atau Kartu Tanda Pengenal (KTP).

Adapun Cara Cepat Cek Data DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) sebagai berikut :
  1. Jika sudah punya data NIK dapat di-crosscheck kepesertaan bansosnya di https://cekbansos.siks.kemsos.go.id/

  2. Setelah laman tersebut terakses seperti diatas, pencarian status kepesertaan dapat dilakukan dengan langkah selanjutnya.
  3. Pilih ID kepesertaan yang diinginkan 

  4. Masukkan nomor kepesertaan dari ID yang dipilih dan masukkan nama yang sesuai dengan ID yang dipilih. Sistem akan mencocokkan ID dan nama yang diinput dan membandingkan antara nama yang diinput dengan nama yang ada di dalam database. 

  5. Masukkan dua kata yang tertera dalam kotak captcha 

  6. Klik cari 
Data ditemukan dengan hasil sebagai berikut :

Dari gambar diatas terlihat bahwa saudara "Nilawati" terdaftar dalam DTKS berdasarkan update data terakhir tahun 2015 dengan status keterangan kepesertaan "BSP, "YA" artinya yang bersangkutan penerima bansos Bantuan Sosial Pangan (BSP).
Dari Web ini memberikan informasi-informasi di dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) serta penerima Bantuan Sosial Pangan, Program Keluarga Harapan dan Penerima Bantuan Iuran sesuai dengan data terkini. 

Demikian Tutorial Cara Cepat Cek Data DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial).

Semoga bermanfaat dan silakan di share bagi yang membutuhkan.

Posting Komentar untuk "Cara Cepat Cek Data DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial)"