Buku Pedoman OSN SMA Tahun 2022

Buku Pedoman OSN SMA Tahun 2022.
Buku Pedoman OSN SMA Tahun 2022
Olimpiade Sains Nasional atau yang sering disebut OSN merupakan kompetisi di bidang sains untuk tingkat SD, SMP dan SMA seluruh Indonesia yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional. Kompetisi OSN diadakan setiap tahun dan setiap sekolah akan mengirimkan siswa terbaiknya untuk mengikuti kompetisi ini. OSN sekarang dikenal dengan nama Kompetisi Sains Nasional (KSN). Perubahan ini mulai tahun 2020 terjadi setelah Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Makarim, mendirikan Pusat Prestasi Nasional yang menaungi seluruh pelaksanaan lomba, kompetisi, dan festival di Indonesia.

OSN meliputi 9 (sembilan) bidang keilmuan, yaitu: bidang. Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi,. Astronomi, Ekonomi, Kebumian dan Geografi.

Olimpiade Sains Nasional (OSN) pada tahun 2022 yang dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional bertujuan untuk memfasilitasi bakat, minat, dan prestasi peserta didik di bidang sains. Selain itu, kompetisi sains diharapkan mampu membentuk peserta didik berprestasi yang jujur, disiplin, sportif, tekun, kreatif, tangguh, cinta tanah air dan berkarakter.

Tujuan Penyelenggaraan OSN

Secara umum tujuan penyelenggaraan OSN bertujuan untuk mendapatkan dan mengembangkan peserta didik bertalenta dan berkarakter dengan prestasi internasional, sehingga mampu berkontribusi sebagai perintis pembangunan melalui ilmu pengetahuan dan teknologi, untuk mewujudkan bangsa yang unggul.

Sedangkan secara khusus tujuan penyelenggaraan OSN untuk menyelenggarakan seleksi peserta didik secara berjenjang dimulai dari tingkat sekolah, tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, dan tingkat nasional yang mempunyai kompetensi/kemampuan dalam bidang Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.

TAHAPAN PELAKSANAAN OSN atau KSN

Pelaksanaan OSN atau KSN dilakukan melalui seleksi secara berjenjang, yang teridiri atas :
  • Tahapan seleksi tingkat sekolah disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional tingkat Sekolah (OSN-S)
  • Tahapan seleksi tingkat kabupaten/kota disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional tingkat Kabupaten/Kota (OSN-K)
  • Tahapan seleksi tingkat provinsi disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional tingkat Provinsi (OSN-P)
  • Tahapan seleksi tingkat nasional disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional (OSN)
Pembahasan inti dari artikel ini lebih fokus kepada Pedoman OSN atau KSN tingkat SMA Tahun 2022. Mekanisme seleksi penyelenggaraan OSN sendiri dilakukan mulai dari tingkat sekolah,kabupaten/kota, provinsi, nasional, dan internasional. 

Maka dari itu admin akan berbagi Buku Pedoman OSN atau KSN tingkat SMA Tahun 2022. Dalam Buku Pedoman OSN atau KSN ini, disampaikan informasi mengenai prosedur, peraturan, dan mekanisme kegiatan OSN sebagai pedoman bagi penyelenggara OSN.

Buku pedoman ini memuat Pendahuluan, Ketentuan Umum Protokol Kesehatan, Penyelenggara OSN, Mekanisme Pelaksanaan dan Penutup serta dilengkapi dengan 6 Lampiran. 

Selengkapnya silakan Download Buku Pedoman OSN SMA Tahun 2022 dibawah ini.
Demikian informasi Buku Pedoman OSN SMA Tahun 2022, semoga bermanfaat untuk anda. Silakan dibagikan kepada yang lain. 

0 Response to "Buku Pedoman OSN SMA Tahun 2022"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel