Bansos PKH Tahap 3 2022 Kembali Cair, Masih Samakah Perhitungan Jumlah Bantuannya ?

Kabar gembira bagi ibu-ibu penerima PKH, bantuan sosial (Bansos) PKH Tahap 3 tahun 2022 sudah mulai disalurkan. Informasi ini kami terima dari pendamping sosial PKH di daerah.
Bansos PKH Tahap 3 2022 Kembali Cair, PKH, Bansos, Cekbansos
Kabar penyaluran bansos PKH tahap 3 2022 sesuai dengan surat Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Republik Indonesia perihal : Tindak Lanjut Hasil Rekonsiliasi Tahap II dan Penyaluran Bantuan Sosial PKH Tahap III Tahun 2022.

Dalam surat tersebut diinformasikan bahwa Bantuan Sosial PKH tahap III tahun 2022 telah salur secara bertahap kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Info ini dibuktikan dengan laporan beberapa KPM PKH yang telah melakukan penarikan bantuan.

Perlu untuk diketahui bagi ibu-ibu penerima PKH bahwa komponen yang ditetapkan oleh Kemensos sebagai syarat penerima PKH masih sama seperti tahun kemaren. Mungkin ada sebagian dari masyarakat penerima bansos sudah lupa apa-apa saja komponen yang ditetapkan oleh Kemensos dan berapa jumlah nominal bantuan setiap kategori dalam komponen PKH. Jadi tidak salahnya kami review kembali kategori yang masuk dalam komponen PKH beserta jumlah bantuan tiap kategori nya.

Berikut ini komponen PKH dan kategori beserta jumlah bantuan tiap kategori yang dihitung dalam penyaluran bansos :
Komponen Kesehatan 
Ibu hamil/menyusui            Jumlah bantuan per tahap 750.000,-    dengan jumlah per tahun 3.000.000,-
Usia dini/balita                    Jumlah bantuan per tahap 750.000,-    dengan jumlah per tahun 3.000.000,-

Komponen Pendidikan
Jenjang SD/MI                    Jumlah bantuan per tahap 225.000,-    dengan jumlah per tahun 900.000,-
Jenjang SMP/MTS              Jumlah bantuan per tahap 375.000,-    dengan jumlah per tahun 1.500.000,-
Jenjang SMA/MA                Jumlah bantuan per tahap 500.000,-    dengan jumlah per tahun 2.000.000,-

Komponen Kesejahteraan Sosial (Kesos)
Lanjut Usia (Lansia)            Jumlah bantuan per tahap 600.000,-    dengan jumlah per tahun 2.400.000,-
Disabilitas                             Jumlah bantuan per tahap 600.000,-    dengan jumlah per tahun 2.400.000,-

Dari informasi pendamping sosial PKH, mulai dari akhir tahun 2021 kemaren, proses pemutakhiran data penerima PKH tidak lagi menggunakan aplikasi e-PKH yang biasa digunakan oleh pendamping di kabupaten dalam melakukan update data penerima maupun komponennya. 

Sekarang semua proses pemutakhiran data sudah dimigrasi ke dalam sistem SIKS-NG yang dikelola oleh pusdatin. Sistem SIKS-NG ini sudah disinkronisasi dengan data Kependudukan dan Pencatatan Sipil (dukcapil) Kementerian Dalam Negeri. Sedangkan untuk pengupdatetan data pendidikan melalui sinkronisasi SIKS-NG dengan dapodik/simpatika di sekolah. Jadi setiap anak usia sekolah yang termasuk komponen PKH harus terdaftar dalam dapodik untuk sekolah-sekolah dibawah Kementerian Pendidikan dan simpatika bagi sekolah dibawah Kementerian Agama.

Prose penyaluran bansos PKH dalam setahun 4 kali penyaluran, artinya dalam setahun dibagi dalam 4 tahap setiap 3 bulan sekali penyalurannya. Dalam setiap tahap penyaluran, tidak semua penerima PKH otomatis mendapat transfer dana bantuan secara serentak, biasanya transfer dana nya bertahap yang dibagi dalam beberapa termin.
 
Jadi bagi masyarakat yang masih terdaftar penerima PKH jangan risau, tunggu aja beberapa hari atau minggu kedepan mungkin anda juga akan menerima transfer bansos PKH. Untuk mengetahui apa anda termasuk penerima bansos PKH, silakan melakukan cek bansos PKH dengan cara cek penerima PKH melalui cekbansos.kemensos.go.id.

Terima kasih sudah berkunjung ke Web berbagidesa. Apabila artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan kepada yang lain.

0 Response to "Bansos PKH Tahap 3 2022 Kembali Cair, Masih Samakah Perhitungan Jumlah Bantuannya ?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel