Cara Cek Nama Penerima PKH melalui cekbansos.kemensos.go.id

PKH merupakan salah satu program perlindungan sosial di Indonesia dalam bentuk bantuan sosial. Bantuan Sosial (Bansos) PKH merupakan bansos reguler dari pemerintah yang terus digulirkan sampai akhir tahun 2022. 
Cara Cek Nama Penerima PKH melalui cekbansos.kemensos.go.id
Program PKH adalah program pemberian bantuan tunai bersyarat kepada keluarga kurang mampu yang terdapat pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan memiliki komponen sebagai persyaratan yang ditetapkan sebagai peserta PKH.

Sebagai sebuah program bantuan sosial bersyarat, PKH bertujuan membuka akses Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bagi ibu hamil dan anak usia dini dalam memanfaatkan fasilitas/layanan kesehatan (faskes) dan anak usia sekolah dalam memanfaatkan fasilitas/layanan pendidikan (fasdik) yang tersedia di dekat tempat tinggal mereka.

Manfaat PKH saat ini juga diarahkan untuk mencakup penyandang disabilitas dan lanjut usia dengan tujuan untuk mempertahankan kesejahteraan sosial mereka sesuai dengan amanat konstitusi dan Nawacita Presiden RI.

Selain mendorong KPM untuk memanfaatkan pelayanan sosial dasar kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan sosial, KPM PKH juga didampingi untuk mendapatkan program komplementer.

Bansos PKH disalurkan dalam bentuk uang kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang dilakukan secara bertahap dalam satu tahun anggaran berjalan berdasarkan skema penyaluran bantuan sosial sesuai yang ditetapkan oleh Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial.

Penyaluran PKH dibagi kepada 4 (empat) tahap penyaluran untuk satu tahun anggaran yaitu 3 (tiga) bulan sekali sampai akhir tahun.

Untuk tahun 2022 di bulan April ini, penyaluran PKH sudah memasuki tahap 2 yang telah mulai cair bantuan pada tanggal 04 April lalu. Penyaluran tahap 2 ini baru sebatas penyaluran termin 1, artinya baru sekian persen data penyaluran PKH yang dikeluarkan oleh Kementerian Sosial masih ada Termin-termin selanjutnya. Termin maksudnya penyaluran bantuan di setiap tahap pencairan bantuan bertahap-tahap atau bergelombang tidak sekaligus ditransfer bantuan dari pusat ke daerah.

Lantas bagaimana untuk mengetahui sebagai penerima PKH ?

Untuk mengecek nama anda sebagai penerima bansos PKH bisa dilakukan dengan login cekbansos.kemensos.go.id. Namun sebelum anda login pada portal cekbansos.kemensos.go.id pkh, pastikan anda sudah terdaftar dalam DTKS untuk menerima dana bansos PKH tahap 2 tahun 2022.

Bagaimana jika anda belum terdaftar dalam DTKS ?

Pendaftaran DTKS bisa dilakukan melalui desa dengan hasil musyawarah desa (Musdes) atau langsung ke dinas sosial setempat, nanti disana akan diarahkan bagaimana mekanisme pengajuan bisa masuk dalam DTKS. Sekarang pendaftaran DTKS juga sudah bisa dilakukan secara online melalui aplikasi Cek Bansos yang bisa didownload aplikasinya di play store.

Cara Cek Nama Penerima PKH Tahap 2 Tahun 2022 melalui cekbansos.kemensos.go.id

  1. Kunjungi website atau portal cekbansos.kemensos.go.id
  2. Setelah anda berhasil masuk dalam portal tersebut, selanjutnya isilah form pencarian DTKS
  3. Isikan kolom provinsi tempat tinggal anda sesuai dengan KTP.
  4. Isikan kolom kabupaten atau Kota sesuai KTP
  5. Isi Kecamatan sesuai dengan KTP
  6. Setelah kolom alamat terisi seluruhnya, selanjutnya anda isikan kolom nama penerima bansos sesuai dengan nama di KTP.
  7. Langkah selanjutnya ketik kode OTP atau captcha yang terlihat pada website tersebut yang terletak pas dibawah kolom nama penerima.
  8. Langkah terakhir, pastikan form sudah terisi lengkap, kemudian klik menu cari data. Kemudian data anda akan segera muncul jika memang sudah terdaftar sebagai penerima bantuan PKH maka dikolom PKH statusnya "Ya".
Demikian langkah Cara Cek Nama Penerima PKH Tahap 2 Tahun 2022 melalui cekbansos.kemensos.go.id semoga bisa bermanfaat untuk anda. Silakan dibagikan kepada yang lain.

0 Response to "Cara Cek Nama Penerima PKH melalui cekbansos.kemensos.go.id"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel