Cara Cetak Kartu NISN Online

Berbagidesa.com - Cara Cetak Kartu NISN Online.

Salam sahabat Berbagi Desa, kali ini admin akan berbagi Tutorial Cara Cetak Kartu NISN Online. Apabila kartu NISN siswa hilang, sebagai gantinya bisa dilakukan cetak ulang kartu NISN atau data NISN siswa secara onlinen. Sebelum menjelaskan detail Tutorial Cara Cetak Kartu NISN Online maka terlebih dahulu kita akan membahas mengenai NISN.
Cara Cetak Kartu NISN Online

Apa itu NISN ?

Nomor Induk Siswa Nasional atau yang sering disebut NISN adalah kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri.

NISN diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan terdaftar di Referensi Kemendikbud. Sistem pengelolaan NISN secara nasional oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh PDSPK ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs NISN (http://nisn.data.kemdikbud.go.id./).

Tujuan dan Manfaat NISN

  1. Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.
  2. Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit unit Kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.
  3. Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN.

Cara Cetak Kartu NISN Online

Adapun langkah atau tutorial cara cetak kartu NISN online adalah sebagai berikut :
  1. Masuk ke halaman resmi http://nisn.data.kemdikbud.go.id melalui browser.
  2. Anda akan diarahkan ke halaman utama pencarian NISN
  3. Selanjutnya klik filter pencarian nama sebelah kanan atas untuk melakukan pencarian NISN berdasarkan nama siswa.
  4. berikutnya akan ditampilkan halaman form yang berisi :
    - Nama Siswa
    - Tempat Lahir
    - Tanggal Lahir
    - Nama Ibu Kandung
  5. Silakan lengkapi form tersebut sesuai data diatas
  6. selanjutnya ceklist reCAPTCHA (saya bukan robot) 
  7. Klik tombol Cari
  8. Maka akan tampil NISN siswa tersebut
  9. Untuk mencetak kartu NISN, tinggal tekan tombol (Ctrl + P) di keyboard PC/laptop anda.
  10. Terakhir klik tombol print dan selesai.
Dengan mengikuti ke sepuluh langkah Cara Cetak Kartu NISN Online diatas, maka dengan mudahnya  anda bisa mencetak kartu NISN. Demikian tutorial atau langkah-langkah Cara Cetak Kartu NISN Online, semoga membantu anda.

0 Response to "Cara Cetak Kartu NISN Online"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel