Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Tahun 2022

Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Tahun 2022.
Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Tahun 2022
Salam sahabat Berbagi Desa, kami hadir kembali dengan menginformasikan info teraktual untuk sahabat semuanya. Kali ini ada informasi peluang beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan,Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Beasiswa yang ditawarkan oleh Kemendikbudristek tersebut adalah Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) atau juga dikenal dengan BPI Kemdikbutristek. 

Beasiswa Pendidikan Indonesia Kementerian Pendidikan,Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (BPI Kemendikbudristek) adalah program beasiswa Pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan dan membangun sumber daya manusia Indonesia yang merupakan program kerjasama antara Kemendikbudristek dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan.

BPI Kemendikbudristek terdiri dari program beasiswa bergelar (degree) dan non-gelar (non-degree). Semua jenis program beasiswa bergelar S1, S2, dan S3 untuk perguruan tinggi dalam dan luar negeri dilaksanakan oleh Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbudristek.

BPI Kemendikbudristek telah diluncurkan pada tanggal 22 April 2021 oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Bapak Nadiem Makarim, sebagai episode ke-10 dari Kebijakan Merdeka Belajar. BPI Kemendikbudristek kini memasuki tahun ke-2, dengan harapan BPI Kemendikbudristek khususnya program bergelar S1, S2 dan S3 dapat berjalan lebih baik dari tahun sebelumnya.

Dasar Hukum penyelenggaraan Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI Kemendikbudristek) 

  1. Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 166, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4916);
  2. Peraturan Presiden Nomor 32 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 68 Tahun 2019 tentang Organisasi Kementerian Negara;
  3. Peraturan Presiden Nomor 62 Tahun 2021 tentang Kementerian Pendidikan,Kebudayaan, Riset, dan Teknologi;
  4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 48 Tahun 2009 tentang Pedoman Pemberian Tugas Belajar bagi Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Departemen Pendidikan Nasional;
  5. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 28 Tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi;
  6. Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 12 tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Program Beasiswa Pendidikan Indonesia Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi;
  7. Peraturan Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan Nomor Per34/LPDP/2021 tentang Standar Biaya Beasiswa Degree dan Non-Degree Program Kolaborasi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia;
  8. Perjanjian Kerjasama antara LPDP Kementerian Keuangan Republik Indonesia Nomor PRJ-104/LPDP/2021 dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 29/VII/PKS/2021 tentang Program Pendanaan Beasiswa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi; dan
  9. Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 1 Tahun 2022 Tentang Pemberian Tugas Belajar.

Jenis-Jenis Beasiswa Pendidikan Indonesia Tahun 2022

Dikutip dari web resmi beasiswa.kemdikbud.go.id, ada beberapa jenjang pendidikan dan jenis Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI). Adapun jenjang dan jenis BPI yang dirilis Kemendikbud sebagai berikut :  

Jenjang S1/D4 dengan Jenis Beasiswa
  1. Calon Guru SMK (Dalam Negeri)
  2. Pelaku Budaya (Dalam Negeri)
  3. Beasiswa Indonesia Maju (BIM) coming soon (Dalam dan Luar Negeri)
Jenjang S2 dengan Jenis Beasiswa
  1. (PTA) Perguruan Tinggi Akademik PTA (Dalam Negeri dan Luar Negeri)
  2. (PTA) Perguruan Tinggi Akademik Joint Degree/Double Degree
  3. (PTV) Perguruan Tinggi Vokasi (Dalam Negeri)
  4. Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Dalam Negeri)
  5. Pelaku Budaya (Dalam Negeri dan Luar Negeri)
  6. Beasiswa Indonesia Maju (Dalam Negeri dan Luar Negeri) coming soon
Jenjang S3 dengan Jenis Beasiswa
  1. (PTA) Perguruan Tinggi Akademik (Dalam Negeri dan Luar Negeri)
  2. (PTA) Perguruan Tinggi Akademik Joint Degree/Dual Degree
  3. (PTV) Perguruan Tinggi Vokasi (Dalam Negeri)
  4. Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Dalam Negeri)
  5. Dosen LPTK /Pendidikan Profesi Guru (Luar Negeri)
  6. Pelaku Budaya (Dalam Negeri dan Luar Negeri)
  7. University of Oxford (Luar Negeri) coming soon

Cara Daftar Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Tahun 2022

Dibawah ini akan kami jelaskan cara atau langkah-langkah Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Tahun 2022, yaitu :
  1. Masuk ke laman Program Beasiswa Pendidikan Indonesia Kemdikbud yaitu https://beasiswa.kemdikbud.go.id/program/
  2. Setelah itu akan terlihat Program Degree, kandidat silakan pilih jenjang beasiswa yang akan dilamar.
  3. Selanjutnya kandidat akan diminta untuk melakukan pendaftaran akun BPI.
  4. Lengkapi biodata pada formulir pendaftaran akun dan klik Daftar. 
  5. Lakukan aktivasi akun melalui email yang telah dikirim ke pesan masuk pada email yang didaftarkan pada pembuatan akun.
  6. Setelah selesai aktivasi akun, silakan login kembali ke laman BPI Kemdikbud dan lengkapi biodata pada formulir pendaftaran dan dokumen yang diperlukan.
  7. Setelah biodata pada formulir pendaftaran dan dokumen yang diperlukan sudah diisi semua, silahkan tekan submit atau serahkan formulir di laman aplikasi. 
  8. Terakhir, kandidat Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) bisa mencetak kartu peserta beasiswa dan tunggu pengumuman penerimaan BPI Kemdikbud.

Jadwal Pendaftaran dan Pengumuman Hasil Beasiswa Pendidikan Indonesia Tahun 2022

Pendaftaran BPI Kemendikbudristek dibuka hanya sekali, untuk semester ganjil tahun akademik 2022/ 2023, dengan jadwal kegiatan sebagai berikut:
  1. Pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) berlangsung 11 April - 30 Juni 2022.
  2. Seleksi Administrasi dan Pengumuman Hasil berlangsung 1 - 15 Juli 2022.
  3. Seleksi Substansi/Wawancara dan pengumuman Hasil, 18 Juli - 30 Juli 2022
  4. Daftar Ulang  berlangsung mulai tanggal 1 - 16 Agustus 2022.
Untuk Informasi lebih lengkap terkait mekanisme Beasiswa Pendidikan Indonesia Tahun 2022, silakan kunjungi laman beasiswa.kemdikbud.go.id, demikian informasi yang dapat kami bagikan untuk anda semoga bermanfaat.

0 Response to "Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Tahun 2022"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel