-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Buat Akun CPD Online (SIPORLIN) Bagi Bidan

Sebelum kita mengupas Cara Buat Akun CPD Online (SIPORLIN) Bagi Bidan, seyogyanya kita membahas apa itu istilah CPD dan SIPORLIN.
Cara Buat Akun CPD Online (SIPORLIN) Bagi Bidan
Apa itu CPD dan SIPORLIN ?

Mengutip dari web resmi Ikatan Bidan Indonesia (IBI), CPD (Continuing Professional Development) atau sering disebut P2KB (Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) merupakan proses pengembangan keprofesian yang meliputi berbagai kegiatan yang dilakukan seseorang dalam kapasitasnya sebagai Bidan, guna mempertahankan dan meningkatkan profesionalismenya sesuai standar kompetensi yang ditetapkan, sedangkan SIPORLIN adalah kependekan dari Sistem Informasi Portofolio SKP Online.

CPD merupakan suatu usaha pembinaan secara sistematis bagi bidan yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kompetensi baik pengetahuan,keterampilan serta mengembangkan sikap profesionalisme.

Demi mengikuti tuntutan era globalisasi yang semakin berkembang,saat ini telah diresmikan situs CPD Online bagi Bidan, yaitu sebuah sistem Perangkat lunak yang memproses dan mengintegrasikan seluruh pencatatan dan pengelolaan kegiatan pengembangan pendidikan Tenaga kesehatan dalam bentuk elektronik secara online, sehingga diharapkan dapat meningkatkan Efektifitas monitoring maupun evaluasi kegiatan CPD oleh semua pemangku kepentingan.

SKP atau Satuan Kredit Profesi yaitu bukti pengakuan terhadap Bidan yang melakukan kegiatan Pengembangan Keprofesiannya, yang diberikan oleh OP atau organisasi profesi (IBI). Ditetapkan 25 SKP dalam 5 tahun.

Pengembangan keprofesian wajib diikuti oleh setiap bidan sebagai bagian dari pembinaan melalui mekanisme sertifikasi, registrasi, dan lisensi.

Setelah membahas apa itu CPD dan SIPORLIN, admin kembali mengupas Cara Buat Akun CPD Online (SIPORLIN) Bagi Bidan. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

Pertama, Buka website http://ibisiporlin-ktki.kemkes.go.id
Kedua, Klik Member Registration karena kita baru buat akun untuk pertama sekali.
Ketiga, Lengkapi Data dasar 
Cara Buat Akun CPD Online (SIPORLIN) Bagi Bidan
Jangan lupa disiapkan :
- scan ijazah pendidikan bidan
- scan ijazah pendidikan terakhir jika ada
- Nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP)
- Nomor Kartu Tanda Anggota (KTA) IBI
Untuk meupload dokumen tersebut dalam kelengkapan Biodata.

Keempat, Klik Daftar dan setelahnya akan tampil notifikasi dihalaman http://ibisiporlin-ktki.kemkes.go.id "Registration Success" yang artinya pendaftaran anda telah diterima dan tim administrator cabang yang bersangkutan akan melakukan verifikasi data yang anda masukkan dan selanjutnya akan dikonfirmasi ke email anda.

Kelima, silakan Cek email masuk yang digunakan saat membuat akun → User ID & Password, dapatkan User ID & Password yang dikirim oleh tim administrator.

Terakhir, Buka kembali laman awal  http://ibisiporlin-ktki.kemkes.go.id → Login dg Username dan password yg diperoleh dari Email tadi.

Sekarang anda sudah bisa mengakses CPD Online. Semoga informasi Cara Buat Akun CPD Online (SIPORLIN) Bagi Bidan bermanfaat untuk anda.

Posting Komentar untuk " Cara Buat Akun CPD Online (SIPORLIN) Bagi Bidan"