Cara Daftar Akun STR Online Dokter

Sebelum melakukan kita membahas Cara Daftar Akun STR Online Dokter terlebih dahulu kita akan bicarakan apa itu STR atau Surat Tanda Registrasi.
Cara Daftar Akun STR Online Dokter
Surat Tanda Registrasi atau yang sering disebut STR merupakan bukti tertulis yang diberikan oleh pemerintah kepada tenaga kesehatan yang telah memiliki sertifikat kompetensi. Tenaga kesehatan yang telah memiliki STR dapat melakukan aktivitas pelayanan kesehatan. STR dapat diperoleh jika setiap tenaga kesehatan telah memiliki ijazah dan sertifikat uji kompetensi yang diberikan kepada peserta didik setelah dinyatakan lulus ujian program pendidikan dan uji kompetensi.

STR bagi dokter sangat penting karena merupakan salah satu aspek legal seorang dokter dalam menjalankan praktik kedokterannya. Surat Tanda Registrasi (STR) ini berlaku selama 5 (lima) tahun dan bisa diperpanjang setiap 5 (lima) tahun.

Sesuai dengan Permenkes 1796 tahun 2011, STR yang telah habis masa berlakunya dapat diperpanjang melalui partisipasi tenaga kesehatan dalam kegiatan pendidikan dan/ atau pelatihan, kegiatan ilmiah lainnya sesuai dengan profesinya, serta kegiatan pengabdian masyarakat.

Maka dikarenakan begitu pentingnya STR bagi profesi seorang dokter, kali ini admin akan membahas Cara Daftar Akun STR Online Dokter.

Pertama sekali, untuk masuk ke aplikasi Registrasi Online, kita dapat mengklik pilihan Aplikasi Registrasi Online yang ada disebelah kanan beranda Web KKI.go.id.

Kemudian anda akan diarahkan ke halaman Beranda Aplikasi Registrasi Online yang didalamnya akan ditampilkan 3 (tiga) pilihan pada Aplikasi Registrasi Online ini meliputi :

Registrasi : diperuntukkan bagi dr/drg yang akan melakukan registrasi baru ataupun ulang.
Cek Status : merupakan fitur layanan bagi dr/drg yang akan melihat status tahapan pada registrasi yang dipilihnya
Kontak  : Info alamat dan Kontak Konsil Kedokteran Indonesia (KKI).

Karena kita belum pernah registrasi, maka kita langsung saja klik tombol Register yang ada disebelah kiri bawah.

Pada halaman muka Aplikasi Registrasi Online, para dokter diminta untuk memasukkan email valid dan Pin akses serta Kode Verifikasi yang ditampilkan oleh sistem pada halaman Register Online.
Cara Daftar Akun STR Online Dokter
Selanjutnya karena kita baru pertama sekali register dan pin Akses belum ada klik tombol "Saya Belum Memiliki PIN"

PIN Akses merupakan kode khusus yang dibuat secara sistem dan akan dikirim melalui email yang dimasukan

Selanjutnya Pin Akan dikirim ke email yang ada masukkan tadi, buka email anda. Silahkan masukkan PIN yang telah dikirimkan melalui E-mail anda, masuk kembali ke halaman Aplikasi Register Online tadi lalu masukkan PIN dan pilih tombol masuk.

Sekarang anda sukses Daftar Akun STR Online Dokter dan bisa langsung dilanjutkan dengan melengkapi biodata anda.

Demikian informasi Cara Daftar Akun STR Online Dokter, semoga bisa bermanfaat untuk anda.


0 Response to " Cara Daftar Akun STR Online Dokter"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel