Alhamdulillah, Bansos PKH Tahap 1 Tahun 2022 Mulai Cair

Salam sahabat Berbagi Desa, kali ini admin akan mengupdate informasi terkait info penyaluran Bantuan Soial (Bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap 1 Tahun 2022. Informasi ini admin dapatkan dari SDM PKH atau Pendamping PKH di daerah.
Bansos PKH Tahap 1 Tahun 2022
Alhamdulillah SDM PKH atau pendamping PKH pada tanggal 18 Februari 2022 sudah menerima surat resmi dari Kementerian Sosial Republik Indonesia terkait penyaluran bansos PKH Tahap 1 tahun 2022.

Dalam surat resmi dari Kementerian Sosial Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial, Direktorat Jaminan Sosial Keluarga yang ditujukan kepada SDM PKH seluruh indonesia perihal pemberitahuan Bantuan Sosial PKH diminta kepada SDM PKH untuk bersiap-siap terkait penyaluran bansos PKH.

Bersama surat tersebut diatas disampaikan bahwa Kementerian Sosial cq. Direktorat Jaminan Sosial telah melakukan penyaluran bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap I Tahun 2022 untuk bulan Januari-Maret, dengan menggunakan data penyaluran Tahap IV Tahun 2021. Berarti kemarin yang cair di Tahap 4 Tahun 2021 ada peluang besar untuk cair lagi, tidak. Perlu untuk diketahui bahwa dalam surat yang ditandatangani oleh Direktur Jaminan Sosial Keluarga Heri Kris Sritanto tersebut ditegaskan bahwa data penerima PKH Tahap 4 2021 yang digunakan adalah data yang telah dipadankan dengan kondisi terbaru di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 

Jadi kalau pendamping PKH nya sudah memutakhirkan data di DTKS, maksudnya sudah memverifikasi kelayakannya penerima bantuan misalnya penerima PKH tidak layak lagi karena sudah meninggal atau memiliki pekerjaan yang tidak diperbolehkan mendapat PKH, contohnya sudah PNS  atau ASN, TNI/ Polri, pegawai BUMN dan BUMD dan pengusaha yang gajinya sudah tetap dan mapan, ini menjadi salah satu yang bisa mengakibatkan tidak layak lagi mendapatkan bantuan PKH.

Jadi yang sudah dilakukan verifikasi kelayakan oleh pendamping di DTKS via online dengan status tidak layak lagi, maka untuk tahap 1 tahun 2022 ini tidak bisa cair kembali, namun sebaliknya jika diverifikasi kelayakan DTKS KPM tersebut berstatus masih layak dan masih mempunyai komponen, Insya Allah masih ada kesempatan besar untuk cair kembali ditahap 1 tahun 2022.

Selanjutnya dalam surat tersebut diminta kepada seluruh SDM PKH agar segera melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten/Kota dan bersama-sama menginformasikan serta mendorong KPM PKH di wilayah dampingannya masing-masing, untuk melakukan pencairan sesuai dengan ketentuan.

Untuk saldo bansos PKH Tahap 1 Tahun 2022 mungkin akan masuk hari Senin tanggal 21 Februari 2022 karena menurut info dari Pendamping PKH yang telah mengarahkan KPM untuk mengecek saldo rekening katanya masih belum ada saldonya. Jadi jangan terburu-buru, tetap tunggu intruksi atau informasi dari pendamping PKH untuk ngecek-ngecek rekening tapi kalau dari pendamping belum ada info suruh ngecek, jangan dicek dulu walaupun surat ini sudah turun tapi Pendamping PKH belum mendapatkan nama dari SP2D penyaluran. Karena SP2D tersebut yang nantinya menjadi acuan nama-nama siapa saja KPM PKH yang akan cair bansos PKH Tahap 1 Tahun 2022.

Jadi tunggu saja info atau intruksi dari pendamping PKH untuk mencairkan atau mengecek saldonya dan harap bersabar menunggu. Semoga bansos yang diperoleh oleh KPM bisa dipergunakan sebaik mungkin. Silakan bagikan informasi ini supaya info tersebut tersampaikan kepada yang lain.

0 Response to "Alhamdulillah, Bansos PKH Tahap 1 Tahun 2022 Mulai Cair"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel