Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tupoksi Kaur Perencanaan Desa dan Contoh Format Laporannya

Alhamdulillah Admin masih diberikan kesehatan dan kesempatan sehingga bisa bersua kembali dengan sahabat Berbagi Desa. Kali ini Admin akan menjelaskan sedikit Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Kaur Keuangan.

Tupoksi Kaur Perencanaan Desa dan Contoh Format Laporan Kaur Perencanaan Desa

Sebagaimana diketahui bersama Kaur Perencanaan atau Kepala Urusana merupakan bagian dari perangkat desa dalam Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemerintah Desa seperti disebutkan dalam Permendagri Nomor 84 Tahun 2015.

Kaur Perencanaan sendiri bagian dari Sekretariat Desa yang bertanggung jawab langsung kepada Sekretaris Desa. Secara tidak langsung Kaur Perencanaan diangkat untuk membantu tugas dan wewenang Kepala Desa dalam menjalankan pemerintahan Desa.

Tugas Kaur Perencanaan Desa

Dalam Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa, Kaur Perencanaan juga merupakan pelaksana kegiatan Anggaran. Adapun tugas Kaur Perencanaan sebagai pelaksana kegiatan Anggaran sebagai berikut :

  1. Melakukan tindakan yang mengakibatkan pengeluaran atas beban anggaran belanja sesuai bidang tugas;
  2. Melaksanakan anggaran kegiatan sesuai bidang tugasnya;
  3. Mengendalikan kegiatan sesuai bidang tugasnya;
  4. Menyusun DPA, DPPA, dan DPAL sesuai bidang tugasnya;
  5. Menandatangani perjanjian kerjasama dengan penyedia atas pengadaan barang/jasa untuk kegiatan yang berada dalam bidang tugasnya, dan
  6. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan sesuai bidang tugasnya untuk pertanggungjawaban pelaksanaan APBDes.

Baca juga : Tupoksi Kaur Keuangan Desa Sebagai Pelaksana Pengelolaan Keuangan Desa (PPKD)

Fungsi Kaur Perencanaan Desa

Sedangkan fungsi Kaur Perencanaan berdasarkan Permendagri Nomor 84 tahun 2015 pasal 8 ayat 3 huruf c adalah sebagai berikut :

  1. Mengoordinasikan urusan perencanaan seperti
  2. Menyusun rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDES)
  3. Menginventarisir data-data dalam rangka pembangunan.
  4. Melakukan monitoring dan evaluasi program, serta penyusunan laporan.

Jika dilihat Kaur Perencanaan sebagai Pelaksana Pengelolaan Keuangan Desa (PPKD), jenis kegiatan yang ditangani oleh Kaur Perencanaan sebagai berikut :
  1. Pemetaan dan Analisis Kemiskinan Desa secara Partisipatif,
  2. Penyelenggaraan Musyawarah Perencanaan Desa/Pembahasan APBDes (Musdes,Musrenbangdes/Pra-Musrenbangdes, dll., bersifat reguler),
  3. Penyusunan Dokumen Perencanaan Desa (RPJMDes/RKPDes,dll),
  4. Penyusunan Dokumen Keuangan Desa (APBDes/ APBDes Perubahan/ LPJ APBDes,dan seluruh dokumen terkait),
  5. Penyusunan Laporan Kepala Desa/Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (laporan akhir tahun anggaran, laporan akhir masa jabatan, laporan keterangan akhir tahun anggaran, informasi kepada masyarakat).

Dalam melaksanakan kegiatannya Kaur Perencanaan tentu ada laporan-laporan yang harus dibuat. Disini admin akan berbagi format mengenai laporan-laporan yang harus dibuat Kaur Perencanaan berdasarkan Permendagri Nomor 84 Tahun 2015. Silakan Sahabat Berbagi Desa download formatnya di link dibawah ini :
Silakan dishare untuk semua semoga bermanfaat. Mari bergabung dengan FansPage Facebook kami Berbagi Desa untuk mendapatkan info-info lainnya tentang bansos dan info desa.

Posting Komentar untuk "Tupoksi Kaur Perencanaan Desa dan Contoh Format Laporannya"