Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Benarkah Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 11 Segera Dibuka

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 11

Pendaftaran Kartu Prakerja telah sampai di gelombang ke-10 dan telah usai. Pengumuman peserta yang lolos sudah dilakukan sejak 2 Oktober 2020 lalu. Dari gelombang 1-10, Project Manager Office (PMO) atau Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja mencatat ada 5,59 juta masyarakat sudah lolos.

Lalu, kapan pendaftaran gelombang ke-11 dibuka ?

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah sekaligus Ketua Tim Pelaksana Komite Cipta Kerja Mohammad Rudy Salahuddin mengatakan, kemungkinan pendaftaran gelombang ke-11 dibuka sebelum akhir Oktober ini.

Baca juga : Cara Daftar Banpres UMKM 2,4 Juta Tahap 2 Lanjutan

"Intinya kita terbuka dan siap apabila kita diminta untuk membuka gelombang ke-11, kita harus segera mengerjakan, tapi mungkin sebelum akhir bulan Oktober ini kita harus segera menyelenggarakan untuk pembukaan gelombang ke-11," ungkapnya dalam seminar Kartu Prakerja untuk Akselerasi Inklusi Keuangan yang disiarkan virtual, Rabu (14/10/2020).

Saat ini, PMO mencatat sebanyak 310.212 penerima Prakerja dicabut dari kepesertaannya. Maka, ada sekitar Rp 1,1 triliun dana insentif Prakerja yang tak terpakai dikembalikan ke kas negara. Adapun proses pencabutan status itu salah satunya dikarenakan para peserta ini tidak membelanjakan dana atau saldo yang disediakan untuk membeli paket pelatihan.

Baca juga : Cara Cepat Cek Penerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) di BRI

Menurut Rudy, dana tersebut bisa saja digunakan untuk membuka pendaftaran gelombang ke-11. Hanya saja, ia masih menunggu keputusan Komite Cipta Kerja.

"Sebenarnya kita juga masih ada yang dicabut kepesertaannya. Dan itu sudah dikembalikan ke Kementerian Keuangan anggarannya. Nah kami masih menunggu keputusan dari Komite Cipta Kerja, dalam waktu dekat mungkin akan diumumkan apakah uang tersebut bisa dikembalikan lagi untuk membuka gelombang ke-11. Jadi kami masih menunggu," ungkap Rudy.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Eksekutif PMO Kartu Prakerja Denni Purbasari juga sempat menyebutkan kemungkinan pendaftaran gelombang ke-11 dibuka. Ia mengatakan, penerima yang dicabut kepesertaannya berpotensi dipulihkan kembali melalui gelombang ke-11.

Baca juga : Cara Cepat Cek Data DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial)

"Kami dari pelaksana menunggu arahan dari Komite Cipta Kerja berapa banyak dari 310.212 orang ini yang akan dipulihkan dan menjadi peserta Kartu Prakerja di gelombang 11. Jadi kami masih menunggu keputusan," jelas Denni.

Semoga bermanfaat, silakan dishare untuk semua.

Mari bergabung dengan FansPage kami di Facebook :

https://www.facebook.com/Berbagidesa/

Sumber : finance.detik.com

Posting Komentar untuk "Benarkah Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 11 Segera Dibuka"