Download Buku Saku Tanya Jawab Platform Merdeka Mengajar


Apa itu Platform Merdeka Mengajar ?
Platform Merdeka Mengajar adalah sebuah inisiatif pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan melibatkan sukarelawan dari berbagai profesi. Inisiatif ini didirikan oleh Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta pada saat itu, pada tahun 2015.
Download Buku Saku Tanya Jawab Platform Merdeka Mengajar, Merdeka Mengajar
Tujuan Platform Merdeka Mengajar

Platform Merdeka Mengajar memiliki beberapa program yang bertujuan untuk mendukung pendidikan di Indonesia, di antaranya :
  1. Penggalangan Sukarelawan: Platform ini mengajak sukarelawan dari berbagai latar belakang untuk terlibat dalam dunia pendidikan dan memberikan kontribusi mereka sebagai pengajar, mentor, atau fasilitator dalam program-program pendidikan.
  2. Program Sekolah Penggerak: Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah-sekolah yang ada di Jakarta. Melalui program ini, sukarelawan ditempatkan di sekolah-sekolah sebagai pengajar tambahan untuk membantu guru dalam proses pembelajaran.
  3. Program Rumah Belajar: Merupakan program di mana sukarelawan membantu anak-anak yang berasal dari keluarga kurang mampu dengan memberikan bimbingan belajar di rumah mereka.
  4. Program Pendidikan Karakter: Platform ini juga berkomitmen untuk mengembangkan karakter positif pada anak-anak melalui program-program yang memperkuat nilai-nilai seperti kejujuran, kerjasama, dan rasa empati.
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah menerbitkan Buku Saku Tanya Jawab Platform Merdeka Mengajar.

Lantas Produk atau fitur apa saja yang tersedia di platform Merdeka Mengajar ?

Saat ini, tersedia lima produk yang dikelompokkan menjadi produk Pengembangan Guru dan Kegiatan Belajar Mengajar.

Produk Pengembangan Guru meliputi:
  1. Video Inspirasi, yang berisi kumpulan video inspiratif yang dibuat oleh Kemendikbudristek dan para ahli, sebagai referensi untuk meningkatkan kompetensi sebagai tenaga pendidik.
  2. Pelatihan Mandiri, yang memuat berbagai materi pelatihan yang dibuat singkat, agar bisa melakukan pelatihan secara mandiri, kapan pun dan dimana pun.
  3. Bukti Karya Saya, yang berfungsi sebagai tempat dokumentasi karya untuk menggambarkan kinerja, kompetensi, serta prestasi yang dicapai selama menjalankan profesi guru maupun kepala sekolah. Serta wadah untuk berbagi praktik baik dan mendapatkan umpan balik dari rekan sejawat.
Produk Kegiatan Belajar Mengajar meliputi:

    a.  Asesmen Murid, Membantu guru melakukan analisis diagnostik literasi dan numerasi dengan
        cepat sehingga dapat menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan tahap capaian dan
        perkembangan peserta didik.
    b. Perangkat Ajar, yang memuat berbagai materi pengajaran untuk mendukung kegiatan belajar
        mengajar, seperti bahan ajar, modul ajar, modul proyek, atau buku teks.

Download dan baca selengkapnya Buku Saku Tanya Jawab Platform Merdeka Mengajar pada tautan berikut ini.
Silakan Download Disini.

Demikian Buku Saku Tanya Jawab Platform Merdeka Mengajar yang dapat kami bagikan untuk anda, semoga bermanfaat.

0 Response to "Download Buku Saku Tanya Jawab Platform Merdeka Mengajar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel