Pendaftaran KIP Kuliah 2023 Resmi dibuka, Cek Syarat dan Cara Daftarnya !

Baru-baru ini pemerintah resmi membuka pendaftaran KIP kuliah untuk tahun 2023 bagi adik-adik mahasiswa aktif di perguruan tinggi yang telah ditetapkan oleh Kemendikbud.
Pendaftaran KIP Kuliah 2023 Resmi dibuka, Cek Syarat dan Cara Daftarnya !, KIP Kuliah 2023, KIP Kuliah
Dikutip dari portal resmi KIP Kuliah Kemendikbud yaitu link KIP Kuliah 2023 https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/, KIP Kuliah Merdeka Tahun 2023 sudah dibuka ! Sebagaimana slogannya  "Ayo manfaatkan program KIP Kuliah Merdeka untuk meraih cita-citamu".

Apa itu Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau kata lain KIP Kuliah ?

Lantas apa itu KIP Kuliah ? KIP Kuliah adalah program bantuan biaya pendidikan yang disediakan oleh pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kepada mahasiswa perguruan tinggi yang kurang mampu secara ekonomi. KIP Kuliah bertujuan untuk membantu biaya pendidikan mahasiswa agar dapat melanjutkan studi di perguruan tinggi secara lebih terjangkau dan merata.

KIP Kuliah memberikan bantuan biaya pendidikan berupa biaya kuliah, biaya hidup, dan biaya buku per semester. Besaran bantuan yang diberikan berbeda-beda tergantung pada kondisi ekonomi mahasiswa penerima bantuan dan biaya kuliah di perguruan tinggi yang bersangkutan.

Untuk menjadi penerima KIP Kuliah, mahasiswa harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Kemendikbud, antara lain adalah merupakan warga negara Indonesia, memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, dan terdaftar sebagai mahasiswa aktif di perguruan tinggi yang telah ditunjuk oleh Kemendikbud sebagai lembaga penerima KIP Kuliah. Mahasiswa juga harus mengikuti proses seleksi yang dilakukan oleh perguruan tinggi setempat dan Kemendikbud.

Kelebihan KIP Kuliah

Berikut adalah beberapa kelebihan KIP Kuliah 2023 :
  1. Membantu mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi untuk dapat mengakses pendidikan di perguruan tinggi dengan biaya yang lebih terjangkau.
  2. Memberikan kesempatan yang lebih merata bagi mahasiswa untuk memperoleh pendidikan tinggi, terlebih bagi mereka yang berasal dari keluarga yang kurang mampu.
  3. Mendorong mahasiswa untuk dapat fokus pada pembelajaran dan meraih prestasi yang lebih baik di perguruan tinggi, tanpa harus memikirkan beban biaya pendidikan yang terlalu berat.
  4. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia di masa depan, dengan memberikan kesempatan yang lebih luas bagi mahasiswa dari berbagai latar belakang untuk mendapatkan pendidikan tinggi.
  5. Dapat membantu mengurangi kesenjangan sosial dan ekonomi di Indonesia, dengan memberikan kesempatan yang lebih merata bagi masyarakat untuk mengakses pendidikan tinggi.
Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka memerlukan data Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan ponsel (alamat email). Pastikan NISN, NPSN dan NIK dari calon peserta KIP Kuliah 2023 valid, sesuai data yang tercatat di Data Pokok Pendidikan (Dapodik), KemendikbudRistek.

Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah 2023

No

Kegiatan

Dibuka

Ditutup

1.

Pendaftaran Akun Siswa KIP-Kuliah

* 14 Februari 2023

* 31 Oktober 2023

2.

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP)

* 16 Februari 2023

* 27 Februari 2023


* Keterangan:
Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu

Syarat Daftar KIP Kuliah 2023

Persyaratan untuk mendaftar Program KIP Kuliah Tahun 2023 adalah sebagai berikut:
  1. Penerima KIP-KULIAH adalah siswa SMA atau sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya, serta memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid, Lulusan 2023, 2022 dan 2021 bisa mendaftar KIP Kuliah 2023;
  2. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah;
  3. Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang mempunyai Kartu KIP atau  memiliki Kartu Keluarga Sejahtera atau terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos;
  4. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.
  5. Belum pernah menerima KIP Kuliah atau Bidikmisi di tahun sebelumnya.
  6. Mendaftar diri secara pribadi dan membuat akun di website kip-kuliah.kemdikbud.go.id
Cara atau atau Tahapan Daftar KIP Kuliah 2023

Tahapan Pendaftaran KIP Kuliah 2023 :
  1. Siswa dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri di web Sistem KIP Kuliah pada laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps*;
  2. Pada saat pendaftaran, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan aktif;
  3. Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah**;
  4. Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan;
  5. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih jalur seleksi yang akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri);
  6. Selanjutnya, Siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur seleksi yang dipilih.  Proses sinkronisasi dengan sistem tersebut akan dilakukan kemudian dengan skema host-to-host. 
  7. Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.
Semoga dengan adanya program KIP Kuliah 2023 bisa terbantu bagi adik-adik siswa baru tamat SMA yang memiliki keterbatasan ekonomi tetapi berprestasi untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi.

0 Response to "Pendaftaran KIP Kuliah 2023 Resmi dibuka, Cek Syarat dan Cara Daftarnya !"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel