16 Portal Layanan Program GTK Kemendikbud

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI meluncurkan portal layanan Program GTK Kemendikbud yang merupakan kumpulan jalan pintas menuju ke masing-masing aplikasi Program GTK Kemendikbud.
Portal Layanan Program GTK Kemendikbud, GTK Kemendikbud
Lantas, apa itu Portal Layanan GTK Kemendikbud ?

Portal Layanan GTK Kemendikbud merupakan kumpulan jalan pintas yang berisi kumpulan portal-portal yang sangat dibutuhkan Guru dan Tenaga Kependidikan, didalamnya berisi SIMPKB, Program Guru Penggerak, Pendidikan Profesi Guru (PPG), Guru Belajar, Diklat Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah, Diklat Calon Kepala Sekolah & Calon Pengawas Sekolah dan lain-lain. 

Portal resmi layanan Program GTK Kemendikbud yaitu https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/ atau bisa klik DISINI.

Dalam Portal Layanan GTK Kemendikbud memuat 16 jalan pintas yang menuju langsung ke aplikasi GTK Kemendikbud.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud, Supriano, mengatakan Portal-portal ini bertujuan untuk mendukung proses pembelajaran jarak dekat maupun jarak jauh yang dilakukan saat ini. Seperti salah satu pembelajaran jarak jauh berbeda dengan pembelajaran tatap muka, ada guru yang sudah terbiasa namun ada juga yang belum terbiasa.

Dalam Portal Layanan GTK Kemendikbud memuat 16 portal jalan pintas menuju  aplikasi GTK Kemendikbud, yaitu sebagai berikut :

1. SIMPKB - Admin / Personal
SIMPKB - Admin / Personal merupakan aplikasi induk dalam manjemen pengembangan keprofesian dan berkelanjutan. Singkatan dari SIM PKB adalah Sistem Informasi manajemen Pengembangan Keprofesian dan Berkelanjutan.

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ini merupakan sebuah program lanjutan dari hasil pemetaan kualitas guru, dengan melihat kualitas guru dari instrumen uji Kompetensi Guru (UKG) yang telah dilakukan pada tahun 2015. Saat ini semua guru yang ada diwajibkan untuk mengikuti SIM PKB.
Untuk masuk ke SIMPKB, silakan klik DISINI.

2. Guru Belajar dan Berbagi
Guru Belajar dan Berbagi merupakan gerakan kolaborasi pemerintah, guru dan penggerak pendidikan untuk bergotong royong berbagi ide dan praktik baik. Untuk masuk ke portal Guru Belajar dan Berbagi, silakan klik DISINI. 

3. PPG - Dalam Jabatan
Merupakan aplikasi yang menunjang dalam kegiatan Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan. Untuk masuk ke portal PPG - Dalam Jabatan, silakan klik DISINI.   

4. PPG - Prajabatan
Merupakan aplikasi yang menunjang dalam kegiatan Pendidikan Profesi Guru Prajabatan.  Untuk masuk ke portal PPG - Prajabatan, silakan klik DISINI. 

5. Guru Penggerak
Aplikasi seleksi untuk Fasilitator, Pendamping dan Calon Guru Penggerak. Untuk masuk ke portal Guru Penggerak, silakan klik DISINI. 

6. Sekolah Penggerak
Aplikasi seleksi untuk program Sekolah Penggerak (Kepala Sekolah dan Pelatih Ahli). Untuk masuk ke portal Sekolah Penggerak, silakan klik DISINI.  

7. Organisasi Penggerak
Program pemberdayaan masyarakat dari pemerintah untuk peningkatan kualitas guru & kepala sekolah. Untuk masuk ke portal Organisasi Penggerak, silakan klik DISINI.  

8. Implementasi Kurikulum Merdeka
Bentuk fasilitasi yang ditujukan kepada Guru, Kepala Sekolah/Madrasah/PKBM dalam mempersiapkan keterlibatannya pada Kurikulum Merdeka pada tahun ini hingga kedepannya. Untuk masuk ke portal Implementasi Kurikulum Merdeka, silakan klik DISINI.   

9. Integrasi Akun Belajar.id
Pemanfaatan akun pembelajaran dioptimalkan menjadi layanan satu akun untuk semua dengan konsep Single Sign On (SSO) pada Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SIMPKB). Untuk masuk ke portal Integrasi Akun Belajar.id, silakan klik DISINI. 

10. Profil Belajar Siswa
Identifikasi dan Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Melalui Instrumen Profil Belajar Siswa (PBS) Di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi. Untuk masuk ke portal Profil Belajar Siswa, silakan klik DISINI. 

11. Diklat GPK - Guru Pembimbing Khusus
Mari menjadi bagian dari Guru Pembimbing Khusus abad ke-21 guna memajukan pendidikan inklusif di Indonesia. Untuk masuk ke portal Diklat GPK - Guru Pembimbing Khusus, silakan klik DISINI.

12. Upskilling dan Reskilling Guru Kejuruan (Vokasi)
Program upgrade Guru SMK dan bantuan pemerintah bidang kemitraan & penyelarasan dengan Dunias Usaha dan Dunia Industri (DUDI). Untuk masuk ke portal Upskilling dan Reskilling Guru Kejuruan (Vokasi), silakan klik DISINI.

13. Diklat Penguatan Kepala Sekolah
Program peningkatan kompetensi kepemimpinan Kepala Sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Untuk masuk ke portal Diklat Penguatan Kepala Sekolah, silakan klik DISINI.

14. Diklat Calon Pengawas
Program Peningkatan Kompetensi bagi Calon Pengawas Sekolag guna meningkatkan mutu pendidikan. Untuk masuk ke portal Diklat Calon Pengawas, silakan klik DISINI.

15. Diklat Calon Kepala Sekolah
Program Peningkatan Kompetensi Kepemimpinan bagi Calon Kepala Sekolah Dalam Rangka meningkatkan mutu pendidikan. Untuk masuk ke portal Calon Kepala Sekolah, silakan klik DISINI.

16. Diklat PAUD Berjenjang
Program Peningkatan Kompetensi bagi Guru PAUD dan RA melalui diklat berjenjang. Untuk masuk ke portal Diklat PAUD Berjenjang, silakan klik DISINI.

Demikian informasi terkait 16 portal layanan Program GTK Kemendikbud, semoga bisa membatu bagi para guru dan tenaga kependidikan.

0 Response to "16 Portal Layanan Program GTK Kemendikbud"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel