Cara Cek Penerima dan Penyebab BSU 2022 Tidak Cair

Pemerintah pusat melalui Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia kembali menyalurkan Bantuan Subsidi Gaji atau Upah (BSU) untuk tahun 2022. Bantuan ini sangat membantu bagi para pekerja/buruh ditengah-tengah kenaikan harga BBM dan melonjak harga bahan pokok.

Program Bantuan Subsidi Gaji/Upah (BSU) 2022 diberikan 1 kali kepada pekerja/buruh sebesar Rp 600.000 kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan yang memenuhi persyaratan.
Cara Cek Penerima BSU 2022, Penyebab BSU 2022 Tidak Cair, Syarat Mendapatkan BSU, BSU 2022
Apa Saja Syarat Penerima BSU 2022 ?
  1. Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Peserta aktif program jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan s/d Juli 2022.
  3. Gaji/upah paling banyak Rp 3,5 juta. Pekerja/buruh yang bekerja di wilayah dengan UMP/UMK lebih besar dari Rp 3,5 juta, maka persyaratan gaji menjadi paling banyak sebesar UMP/UMK dibulatkan ke atas hingga ratusan ribu penuh.
  4. Bukan PNS, TNI dan Polri.
  5. Belum menerima Program Kartu Prakerja, Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Produktif untuk Usaha Mikro (BPUM).
Apabila dikemudian hari ditemukan bahwa penerima BSU ternyata tidak memenuhi persyaratan, maka yang bersangkutan wajib mengembalikan dana BSU yang diterima ke Kas Negara. Permenaker No. 10 Tahun 2022.

Tahapan proses Bantuan Subsidi Upah 2022
  1. Tahap 1 Sebagai Calon
    Anda akan mendapatkan notifikasi apabila telah terdaftar sebagai calon penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) sesuai dengan tahapan penyerahan data calon penerima BSU dari BPJS Ketenagakerjaan kepada Kementerian Ketenagakerjaan.
  2. Tahap 2 Penetapan
    Anda akan mendapatkan notifikasi apabila telah ditetapkan sebagai penerima Bantuan Subsidi Upah.
  3. Tahap 3 Penyaluran
    Anda akan mendapatkan notifikasi apabila dana Bantuan Subsidi Upah telah tersalurkan ke rekening Bank Himbara (Mandiri, BRI, BNI, BTN) atau Bank Syariah Indonesia (khusus untuk Anda yang bekerja di wilayah Aceh). Penyaluran melalui PT. Pos Indonesia akan disampaikan melalui surat pemberitahuan kepada penerima BSU sebagai dasar pencairan dana BSU.
Cara Cek Penerima BSU 2022

Bagi anda sebagai pekerja/buruh yang terdaftar BPJS Ketenagakerjaan memiliki peluang untuk mendapatkan BSU 2022. Untuk mengetahui apakah anda salah satu penerima BSU 2022, anda bisa melakukan pengecekan penerima BSU secara mandiri lewat online.

Adapun Cara Cepat Cek Penerima BSU Tahun 2022 sebagai berikut :
  1. Kunjungi laman https://bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id/
  2. Isikan form biodata diri dengan lengkap dan benar yang terdiri dari :
    a. Nomor Induk Kependudukan (NIK)
    b. Nama lengkap (sesuai KTP)
    c. Tanggal lahir
    d. Nama Ibu Kandung (2 kali diinput)
    e. Nomor Handphone terkini (2 kali diinput)
    f. Email terkini (2 kali diinput)
  3. Selanjutnya klik tombol Lanjutkan.
  4. Jika anda tidak memenuhi syarat akan muncul notifikasi "Maaf anda belum memenuhi syarat penerima BSU" dan apabila memenuhi syarat notifikasi yang muncul"Anda termasuk dalam kriteria calon penerima BSU sesuai Permenaker Nomor 10 Tahun 2022".
  5. Kemudian anda akan diarahkan untuk Update Rekening, Silakan masukkan nomor rekening bank anda, pastikan rekening masih aktif dan atas nama anda sendiri.
  6. Isikan Nomor Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan anda.
  7. Pilih Nama bank, khusus bagi peserta BPJS yang terdaftar di kantor cabang Wilayah Aceh Nomor rekening Bank Syariah Indonesia (BSI).
  8. Isikan Nama anda sebagai pemilik buku rekening.
  9. Masukkan Nomor rekening dengan benar.
  10. Terakhir klik tombol Update.
  11. Selesai
Penyaluran BSU Tahap 1 2022 sendiri sudah dimulai sejak 12 September kemarin. Ada juga pekerja atau buruh yang belum mendapatkan BSU 2022 yang disebabkan oleh beberapa hal.

Penyebab BSU 2022 Tidak Dicairkan

Ada beberapa hal yang menyebabkan BSU 2022 tak kunjung ditransfer ke rekening. Berikut beberapa permasalahan yang telah kami rangkum dari hasil sharing-sharing dengan pekerja yang belum menerima BSU 2022 :
  1. Pekerja atau buruh belum terdaftar BPJS Ketenagakerjaan.
  2. Pekerja/buruh belum memenuhi syarat BSU 2022.
  3. Pekerja/Buruh penerima bantuan lainnya seperti PKH, BPNT, Prakerja hingga BPUM.
  4. Terdapat kesalahan dari data pekerja itu sendiri.
  5. Rekening yang digunakan oleh pekerja untuk pencairan BSU 2022 mengalami kendala.
Itulah sedikit informasi yang kami bagikan untuk anda tentang Cara Cek Penerima dan Penyebab BSU 2022 Tidak Cair. Semoga postingan ini membantu anda, silakan dibagikan jika bermanfaat.

0 Response to "Cara Cek Penerima dan Penyebab BSU 2022 Tidak Cair"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel