Bidan Delima dan Perannya Dalam Bidang Kesehatan

Bagi Ibu-ibu hamil merupakan sebuah kewajiban dalam melakukan pemeriksaan kehamilan selama mengandung. Terlebih pada bulan-bulan mendekati bulan melahirkan. Pemeriksaan tersebut biasanya dilakukan di seluruh fasilitas kesehatan terdekat yang memiliki fasilitas pemeriksaan kehamilan.
Contohnya, Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik bersama,polindes dan praktik mandiri.
Bidan Delima dan Perannya Dalam Bidang Kesehatan
Pemeriksaan kesehatan kehamilan tidak harus dilakukan di puskesmas atau rumah sakit yang skala besar, namun bisa juga pada bidan yang membuka praktik mandiri.

Bidan yang membuka praktek mandiri, biasanya pada papan nama akan tercantum "Logo Bidan Delima" dengan motto pelayanan berkualitas.
Tentu logo dan motto tersebut tidak asing lagi bagi ibu-ibu hamil, namun maksud dari Bidan Delima tersebut tidak semua orang tahu.

Baiklah, mari kita simak penjelasannya apa itu Bidan Delima dan bagaimana perannya dalam bidang kesehatan.

Apa itu Bidan Delima ?

Bidan Delima adalah sistem standarisasi kualitas pelayanan bidan praktek swasta, dengan penekanan pada kegiatan monitoring & evaluasi serta kegiatan pembinaan & pelatihan yang rutin dan berkesinambungan.

Bidan Delima melambangkan Pelayanan berkualitas dalam Kesehatan Reproduksi dan Keluarga Berencana yang berlandaskan kasih sayang, sopan santun, ramah-tamah, sentuhan yang manusiawi, terjangkau, dengan tindakan kebidanan sesuai standar dan kode etik profesi.

Standar
Standar adalah kesepakatan-kesepakatan yang telah didokumentasikan yang di dalamnya terdiri antara lain mengenai spesifikasi-spesifikasi teknis atau kriteria-kriteria yang akurat yang digunakan sebagai peraturan, petunjuk, atau definisi-definisi tertentu untuk menjamin suatu barang, produk, proses, atau jasa sesuai dengan yang telah dinyatakan.

Bidan Praktek Swasta
Bidan Praktek Swasta (BPS) adalah Bidan yang memiliki Surat Ijin Praktek Bidan (SIPB) sesuai dengan persyaratan yang berlaku, dicatat (register) diberi izin secara sah dan legal untuk menjalankan praktek kebidanan mandiri.

Kualitas Pelayanan
Kualitas adalah usaha untuk mengetahui dan memenuhi semaksimal mungkin setiap kebutuhan konsumen dalam hal ini kebutuhan di bidang kesehatan. Kualitas dapat diartikan sebagai kemampuan suatu produk baik barang maupun jasa dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Kualitas juga merupakan janji pelayanan yang terus dijaga agar pihak yang dilayani merasa puas dan diuntungkan. Sedangkan pelayanan adalah suatu kegiatan atau urutan kegiatan yang terjadi dalam interaksi langsung antara seseorang dengan orang lain atau mesin secara fisik dan memenuhi kepuasan pelanggan/klien.

Peran Bidan Delima dalam Bidang Kesehatan
Bidan Delima dibutuhkan dalam rangka:
  • Mempertahankan dan meningkatkan kuantitas dan kualitas pelayanan BPS, sesuai kebutuhan masyarakat.
  • Melindungi masyarakat sebagai konsumen dan bidan sebagai provider, dari praktek yang tidak terstandar
  • Sebagai standarisasi pelayanan kebidanan bagi BPS sejalan dengan rencana strategis IBI.
  • Menjadi standar dalam mengevaluasi pelayanan kebidanan di BPS karena memiliki tools (perangkat) yang lebih lengkap.
  • Sebagai bagian dari pelaksanaan rencana kerja IBI dalam pelayanan kebidanan, sekaligus untuk mempertahankan dan meningkatkan citra IBI.
  • Sebagai tempat pilihan terbaik bagi praktik pendidikan bidan.
Visi
Bidan Delima menjadi standarisasi pelayanan BPS di Indonesia

Misi
  • Meningkatkan kualitas pelayanan kebidanan di BPS.
  • Meningkatkan kompetensi BPS berdasarkan hasil penelitian dan perkembangan praktek kebidanan terkini.
  • Mewujudkan BPS yang handal, kompeten dan profesional dalam pelayanannya melalui standarisasi dan kegiatan monev yang berkesinambungan.
  • Mewujudkan rasa aman, nyaman dan kepuasan bagi BPS dan pengguna jasa.
  • Meningkatkan peran IBI dalam membina dan menjaga profesionalitas BPS.
Nilai-nilai Bidan Delima

- Kepatuhan pada standar pelayanan

Dianut sebagai nilai utama untuk menekankan bahwa sebuah standar dalam pelayanan harus dipatuhi dan dilaksanakan oleh anggota BD.

- Tumbuh Bersama
Untuk menggambarkan bahwa semua anggota BD harus merasakan kemajuan dan terus berusaha untuk maju secara kelompok.

- Keterbukaan
Nilai-nilai yang wajib dianut oleh anggota agar tercipta hubungan yang erat dan harmonis dalam komunitas.

- Profesionalisme
Selaras dengan nilai kepatuhan pada standar pelayanan, maka profesionalisme diharapkan dapat menjadi semacam ‘label bagi setiap pribadi anggota BD.

- Kewirausahaan
Semangat wirausaha diharapkan dapat mewarnai setiap pribadi anggota BD, sehingga selalu ada upaya untuk terus maju dan tumbuh lebih baik daripada sebelumnya.

Jadi, pentingkah bagi ibu-ibu memilih pelayanan kesehatan di praktek bidan mandiri yang berlabel "Bidan Delima" !

Dilihat dari penjelasan diatas, sangat penting bagi ibu hamil untuk memeriksa kesehatan kehamilannya pada Bidan Delima, dikarenakan bidan delima telah terstandarisasi dan kualitas teruji secara legal.

Praktek bidan delima juga dimonitoring oleh Ikatan Bidan Indonesia (IBI), karena bidan delima yang melakukan praktek mandiri tergabung dalam organisasi profesi IBI.

Demikian sedikit uraian mengenai bidan delima, peran dan kualitasnya, semoga memberi wawasan bagi ibu hamil yang akan konsultasi kesehatan dan melakukan proses persalinan.

0 Response to "Bidan Delima dan Perannya Dalam Bidang Kesehatan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel