Cara Cek Keaslian Ijazah Secara Online di Dikti dan Mengetahui Letak Nomor Seri Ijazah

Sahabat berbagi desa, semua orang yang pernah menempuh pendidikan formal dalam hal ini tingkat perguruan tinggi tentu memperoleh ijazah sebagai dokumen bahwa yang bersangkutan telah menyelesaikan pendidikan kesarjanaan.
Cara Cek Keaslian Ijazah Secara Online di Dikti dan Mengetahui Letak Nomor Seri Ijazah
Ijazah merupakan kata serapan dari bahasa Arab. Dikutip dari wikipedia, Ijazah adalah sebuah sertifikat atau dokumen yang diberikan oleh suatu intansi sebagai dokumen resmi tentang orang, santri, siswa atau mahasiswa.

Salah satu tujuan ijazah sebagai syarat melamar pekerjaan baik di instansi pemerintah atau swasta karena merupakan ijazah merupakan poin yang paling penting. Oleh sebab begitu penting ijazah, tentu ada pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab yang memalsukannya demi kepentingan pribadi.

Untuk mengantisipasi dan menghentikan banyak muncul ijazah yang tidak terverifikasi atau ijazah palsu, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuat layanan untuk mengecek keabsahan ijazah.

Layanan ini berfungsi untuk mengecek atau memastikan keabsahan dan keaslian ijazah ditingkat perguruan tinggi yang dinamakan dengan SIVIL atau Sistem Verifikasi Ijazah secara Elektronik. Dengan layanan Sistem Verifikasi Ijazah secara Elektronik (SIVIL) masyarakat bisa mengaksesnya langsung dan sangat mudah cara menggunakannya. 

Namun bagi anda yang masih kebingungan Cara Cek Keaslian Ijazah Secara Online di Dikti menggunakan SIVIL, silakan pelajari caranya disini !

Sebelum mengecek keaslian ijazah anda, terlebih dahulu anda harus mengetahui letak nomor seri ijazah pada ijazah.

Cara Mengetahui Letak Nomor Seri Ijazah pada Ijazah

  • Pada umumnya, nomor seri ijazah bisa ditemukan dibagian sudut kanan atas dilembar ijazah.
  • Namun, ada juga beberapa kampus atau perguruan tinggi yang meletakkan nomor seri ijazah dibagian tengah lembar ijazah.
  • Penulisan nomor ijazah biasanya memuat "No/Nomor/Nomor Ijazah/Nomor seri Ijazah.
  • Penulisan nomor ijazah biasanya diawali kode huruf kampus/perguruan tinggi dan kemudian angka registrasi mahasiswa.
  • Ada pula diantara kode huruf kampus dengan angka registrasi mahasiswa terdapat simbol garis miring (/) atau strip (-).
Bagaimana Cara Cek Keaslian Ijazah Secara Online di Dikti melalui Sistem Verifikasi Ijazah secara Elektronik (SIVIL) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Cara Cek Keaslian Ijazah Secara Online di Dikti 

Berikut langkah-langkah cara ceknya dengan mudah  :
  1. Masuk ke halaman resmi SIVIL Dikti yaitu https://ijazah.kemdikbud.go.id/
  2. Kemudian lengkapi formulir sesuai yang diminta
  3. Pertama, isikan nama perguruan tinggi tempat anda kuliah di koloom "Perguruan Tinggi".
  4. Kemudian akan muncul kolom "Program Studi", maka pilih Program Studi terakhir anda kuliah.
  5. Kemudian isikan nomor ijazah pada kolom "Nomor Ijazah".
  6. Selanjutnya isikan dengan benar angka pengaman dengan menjawab pertanyaan dikolom "Angka Pengaman"
  7. Terakhir klik tombol Verifikasi
  8. Selesai.
Jika nomor ijazah anda terdaftar pada Dikti, maka akan muncul informasi hasil verifikasi "Data ditemukan" dengan menampilkan data diri anda dilayar yang terdiri dari,  Perguruan Tinggi, Nama Mahasiswa, Nomor Mahasiswa, Jenjang Pendidikan, Program Studi, Nomor Ijazah dan Tahun Lulus.

Namun apabila nomor ijazah anda tidak terdaftar, silakan hubungi Perguruan Tinggi yang menerbitkan ijazah untuk memastikan data anda telah dilaporkan melalui PD-DIKTI.
Pendataan PD-Dikti secara resmi dilakukan mulai pada tahun 2002/2003, bagi lulusan dibawah tahun tersebut apabila tidak ditemukan di SIVIL silakan hubungi Perguruan Tinggi masing-masing

Demikian turial langkah-langkah Cara Cek Keaslian Ijazah Secara Online di Dikti, semoga bisa membantu anda. Sila bagikan informasi ini sebanyak-banyaknya, jika menurut anda bermanfaat.

0 Response to "Cara Cek Keaslian Ijazah Secara Online di Dikti dan Mengetahui Letak Nomor Seri Ijazah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel