Download Format Laporan Keuangan Bumdes

Download Format Laporan Keuangan Bumdes.

Badan Usaha Milik Desa atau yang sering disebut Bumdes adalah badan hukum yang didirikan oleh desa dan/atau bersama desa-desa guna mengelola usaha, memanfaatkan aset, mengembangkan investasi dan produktivitas, menyediakan jasa pelayanan, dan/atau menyediakan jenis usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat Desa.
Download Format Laporan Keuangan Bumdes
Sebagai Badan usaha yang mengelola usaha tentu harus ada pertanggungjawaban dengan dibuatkan pembukuan yang berupa laporan keuangan Bumdes.

Laporan Keuangan Bumdes bertujuan untuk menyediakan informasi posisi keuangan, kinerja keuangan, dan laporan arus kas BUM Desa yang bermanfaat bagi pengguna dalam pengambilan keputusan, dan menunjukkan apa yang telah dilakukan pengelola BUM Desa atau pertanggungjawaban pengelola BUM Desa atas pemanfaatan sumber daya yang dipercayakan kepadanya.

Maka dari itu Admin akan membagikan Format Laporan Keuangan Bumdes yaitu laporan keuangan pokok yang menjelaskan tentang neraca, laporan hasil usaha, arus kas, laporan perubahan ekuitas dan catatan atas laporan keuangan (CALK).

Neraca
Dalam Neraca atau laporan posisi keuangan menyajikan aset, hutang dan ekuitas BUM Desa pada suatu tanggal tertentu. 

Laporan Hasil Usaha
Sesuai dengan Permen Desa dan PDTT Nomor: 4 Tahun 2015, Pasal 26, hasil usaha BUM Desa merupakan pendapatan yang diperoleh dari hasil transaksi dikurangi dengan pengeluaran biaya dan kewajiban pada pihak lain, serta penyusutan atas barang-barang inventaris dalam 1 (satu) tahun buku. Laporan hasil usaha menyajikan penghasilan dan beban selama satu periode akuntansi.

Laporan Arus Kas
Laporan arus kas menyajikan informasi perubahan historis atas kas dan setara kas BUM Desa, yang menunjukkan secara terpisah perubahan yang terjadi selama satu periode dari aktivitas operasi, investasi, dan pendanaan.

Laporan Perubahan Ekuitas
Ekuitas adalah hak residual atas aset BUM Desa setelah dikurangi dengan hutang. 

Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK).
Catatan laporan keuangan berisi informasi sebagai tambahan informasi yang disajikan dalam laporan keuangan. Catatan laporan keuangan memberikan penjelasan naratif atau rincian jumlah yang disajikan dalamlaporan keuangan dan informasi akun-akun yang tidak memenuhi kriteria pengakuan dalam laporan keuangan.

Baiklah, sahabat Berbagi Desa bisa mendownload Format Laporan Keuangan Bumdes langsung dibawah ini.
Download Disini.
Demikian contoh Format Laporan Keuangan Bumdes yang anda bisa gunakan sebagai pengelola Bumdes, semoga bermanfaat.

0 Response to "Download Format Laporan Keuangan Bumdes"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel