Rekrutmen Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 7 Resmi Dibuka.

Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 7.
Rekrutmen Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 7
Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) adalah program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui pelatihan dan kegiatan kolektif guru. Program ini bertujuan memberikan bekal kemampuan kepemimpinan pembelajaran dan pedagogi kepada guru sehingga mampu menggerakkan komunitas belajar, baik di dalam maupun di luar sekolah serta berpotensi menjadi pemimpin pendidikan yang dapat mewujudkan rasa nyaman, aman dan kebahagiaan peserta didik ketika berada di lingkungan sekolahnya masing-masing. 

Program Pendidikan Guru Penggerak sendiri telah mencapai angkatan 6. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi kembali membuka rekrutmen Guru Penggerak untuk angkatan 7. 

Informasi ini sesuai dengan surat edaran nomor : 0623/B3/GT.03.15/2022 Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang diterbitkan pada tanggal 04 Maret 2022. 

Dalam surat edaran perihal Rekrutmen Calon Guru Pengerak Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 7 tersebut ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dari 31 Provinsi dan kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dari 446 Kabupaten/Kota di Indonesia.

Adapun isi surat edaran tentang rekrutmen Guru Penggerak Angkatan 7 yang ditujukan kepada Kepala Dinas Provinsi dan Kabupaten/Kota adalah sebagai  berikut :

Dalam rangka menindaklanjuti peluncuran kebijakan Merdeka Belajar Episode kelima: Guru Penggerak, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menyelenggarakan Pendidikan Guru Penggerak (PGP) angkatan 7.

Tujuannya untuk menghasilkan Guru Penggerak yang berperan menggerakkan komunitas belajar bagi guru di sekolah dan di wilayahnya serta menumbuhkan kepemimpinan murid untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. PGP angkatan 7 akan dilaksanakan pada sasaran 446 Kabupaten/Kota (daftar kabupaten/kota dan provinsi sebagaimana Lampiran 1). Pelaksanaan PGP angkatan 7 direncanakan akan dimulai pada bulan Oktober 2022 selama 6 (enam) bulan dengan menggunakan pola belajar mandiri terbimbing melalui sistem belajar daring dan luring. PGP Angkatan 7 diawali dengan pelaksanaan rekrutmen calon peserta guru penggerak melalui tahapan-tahapan seleksi.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami menginformasikan beberapa hal terkait sebagai berikut.
  1. Sasaran calon peserta Guru Penggerak angkatan 7 adalah guru sejumlah 20.000 peserta sesuai persyaratan pada Lampiran 2.
  2. Selama pendidikan para guru tetap menjalankan tugas pokok dan fungsinya di sekolah masing-masing.
  3. Proses rekrutmen calon guru penggerak dilakukan beberapa tahap seleksi yaitu:
    - tahap 1 : registrasi, pengisian dan penilaian biodata, dan penilaian esai;
    - tahap 2 : penilaian simulasi mengajar dan wawancara.
    Registrasi akan dibuka mulai tanggal 14 Maret– 15 April 2022.

  4. Tim rekrutmen calon peserta Guru Penggerak adalah Tim Independen yang telah dibekali dengan pelatihan dan dinyatakan lulus sebagai Asesor dengan mengutamakan prinsip transparan, akuntabel, dan berkualitas.
  5. Informasi proses rekrutmen calon guru penggerak dapat dilihat pada Lampiran 2, atau pada laman: https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak.
Dalam surat edaran tersebut, dimohonkan kepada Bapak/Ibu Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota bersama dengan Tim PGP Dinas Pendidikan Tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota untuk menyampaikan informasi ini kepada para guru terbaik di wilayah Bapak/Ibu untuk mengikuti proses rekrutmen dan seleksi calon peserta guru penggerak. 

Untuk pertanyaan lebih lanjut tentang Guru Penggerak, bisa diakes melalui alamat surel:
guru.penggerak@kemendikbud.go.id.

Demikian informasi rekrutmen Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 7 semoga bermanfaat untuk anda, silakan dibagikan kepada yang lain.

0 Response to "Rekrutmen Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 7 Resmi Dibuka."

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel