Cara Cek Cepat Penerima Bansos Juli 2021, Rp 600 Ribu dan Beras 10 KG

Berbagidesa.com - Stimulus dan bantuan dari pemerintah pusat kembali cair pada bulan Juli 2021 ini. Kali ini, bantuan sosial Rp 600 ribu dan beras 10 Kg resmi cair. Lalu bagaimana cara cek penerima bansos Juli 2021 tersebut?
Warga yang masuk dalam kriteria penerima bantuan dan terdaftar di sistem dapat mengecek terlebih dahulu sebelum mencairkan dana. Untuk memastikannya, cara cek penerima bansos Juli 2021 melalui situs cekbansos.kemensos.go.id dengan akun yang sudah Anda miliki.

Cara Cek Cepat Penerima Bansos Juli 2021, Rp 600 Ribu dan Beras 10 Kg

Untuk cek penerima bansos Juli 2021 berupa bantuan sosial Rp 600 ribu dan beras 10 Kg dapat Anda lakukan dengan mengikuti langkah berikut.
  1. Langkah pertama adalah buka laman resmi cekbansos.kemensos.go.id.
  2. Masukkan data provinsi, kabupaten, kecamatan, hingga desa dan kelurahan.
  3. Masukkan data penerima manfaat sesuai dengan KTP yang dipegang.
  4. Masukkan juga 8 huruf kode yang dipisahkan dengan spasi, dan tertera dalam kotak kode.
  5. Jika huruf kode kurang jelas, Anda bisa langsung mengklik ikon refresh untuk mendapatkan kode baru,
  6. Klik tombol ‘Cari Data’.
  7. Dalam waktu singkat data akan dilaporkan dan disajikan pada Anda, apakah terdaftar atau tidak sebagai penerima manfaat bansos ini.
Setelah memastikan Anda terdaftar dalam penerima bansos senilai Rp 600 ribu dan beras 10 Kg, maka Anda juga wajib paham benar cara mencairkan bansos Juli 2021 tersebut melalui Kantor Pos terdekat.

Cara Pencairan Bansos Juli 2021

Pihak Kantor Pos akan memberikan jadwal pada penerima bansos untuk melakukan pencairan. Informasi ini akan disebarkan melalui nomor telepon yang dicantumkan, atau perangkat terkait yang berwajib.

Berkas yang perlu dibawa biasanya adalah :
  • KTP elektronik
  • fotokopi KTP
  • Kartu Keluarga dan fotokopinya
Berkas pokok ini wajib dibawa sebagai bukti validitas informasi penerima bantuan, sehingga tidak terjadi klaim berulang pada satu identitas yang sama.

Setidaknya, anggaran yang sudah dialokasikan adalah sebesar Rp 15,1 triliun, untuk menjangkau kurang lebih 10 juta Keluarga Penerima Manfaat atau KPM. KPM ini berhak mendapat bansos uang tunai dan beras, ketika masuk sebagai penerima resmi di data yang sudah ada pada database kemensos. Nantinya bantuan ini akan disalurkan oleh PT. Pos Indonesia.

Cara cek penerima bansos untuk Juli 2021 ini sebenarnya sangat mudah, dan mulai memiliki sistem yang efektif. Semoga masyarakat bisa mendapat manfaat maksimal dari bantuan yang diberikan, sehingga dapat meringankan beban selama pandemi ini berlangsung.

Source : Suara.com

0 Response to "Cara Cek Cepat Penerima Bansos Juli 2021, Rp 600 Ribu dan Beras 10 KG"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel