Pelajari Apa Saja Buku Administrasi Karang Taruna

Buku Administrasi Karang Taruna

Karang Taruna adalah organisasi yang dibentuk oleh masyarakat sebagai wadah generasi muda untuk mengembangkan diri, tumbuh, dan berkembang atas dasar kesadaran serta tanggung jawab sosial dari, oleh, dan untuk generasi muda, yang berorientasi pada tercapainya kesejahteraan sosial bagi masyarakat.
Pelajari Apa Saja Buku Administrasi Karang Taruna
Karang Taruna merupakan organisasi yang dibentuk oleh masyarakat sebagai potensi dan sumber kesejahteraan sosial. Dalam Permensos Nomor 25 Tahun 2019 disebutkan bahwa Keanggotaan Karang Taruna menganut sistem stelsel pasif yaitu setiap generasi muda yang berusia 13 (tiga belas) sampai dengan 45 (empat puluh lima) tahun otomatis menjadi anggota Karang Taruna.

Karang Taruna merupakan bagian dari LKD (Lembaga Kemasyarakatan Desa) yang berkedudukan sebagai mitra Kepala Desa dalam menggerakkan partisipasi pemuda masih terlihat stagnan artinya masih berjalan ditempat di banyak desa di banyak daerah.

Pengurus Karang Taruna pun praktis tidak terlihat. Justru komunitas pemuda lainnya yang terlihat aktif berkegiatan seperti remaja mesjid dan sebagainya, apalagi buku-buku administrasi Karang Taruna, praktis tidak ada sama sekali.

Sehingga, penting sekali untuk mengetahui dasar dari Karang Taruna itu sendiri serta administrasinya, sehingga para Pemuda di desa mengetahui bagaimana Karang Taruna dapat berkolaborasi dengan Kepala Desa sehingga ikut menyukses pembangunan di desa yang akhir bisa menciptakan desa yang diharapkan oleh pemerintah dan masyarakat desa itu sendiri.

Apa saja administrasi Karang Taruna yang minimal harus dimiliki, Berikut ini daftarnya, antara lain:
1. Buku Data Pengurus
2. Buku Daftar Keputusan
3. Buku Register Surat Masuk
4. Buku Register Surat Keluar
5. Buku Ekspedisi Surat
6. Buku Tamu Umum
7. Buku tamu Khusus
8. Buku Notulen Rapat
9. Buku Presensi Rapat
10. Buku Inventaris
11. Buku Program Kegiatan
12. Buku Program Kegiatan Seksi
13. Buku Kegiatan
14. Buku Kegiatan Seksi
15. Buku Kas

Bagi sahabat Berbagi Desa yang ingin mendapatkan contoh formatnya, silakan gunakan aplikasi Simpeldesa. Karena seluruh File administrasi tersebut ada di dalam aplikasi Simpeldesa. Dengan aplikasi tersebut, Anda akan mendapatkan banyak informasi yang berkaitan dengan Ke-Desa-an dan management system Desa dengan sistem terkini yaitu online.

Artikel ini dikutip dari website simpeldesa dengan menambah sedikit uraian yang diambil dari Permensos Nomor 25 Tahun 2019. Semoga bisa menambah wawasan sahabat berbagi desa semua. Silakan dishare dan mari bergabung dengan FansPage Facebook kami Berbagi Desa untuk mendapatkan info-info lainnya tentang bansos dan info desa.


0 Response to "Pelajari Apa Saja Buku Administrasi Karang Taruna"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel