Buku Panduan BPD sebagai Penunjang Untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Kemampuannya

Buku Panduan BPD sebagai Penunjang Untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Kemampuannya

Badan Permusyawaratan Desa atau yang sering disebut BPD, bukanlah lembaga baru di Desa. Sejak kelahirannya dengan nama Lembaga Musyawarah Desa, lembaga ini terus mengalami perubahan dan penyesuaian dengan paradigma perundangan yang memungkinkan terselenggaranya tata kelola penyelenggaraan Pemerintahan Desa yang lebih baik lagi.
Buku Panduan BPD sebagai Penunjang Untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Kemampuannya
Regulasi terkini yang menjadi pedoman tentang BPD adalah Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa telah memberikan perubahan besar dalam tata kelola penyelenggaraan pemerintahan desa. Salah satunya adalah tentang kelembagaan di desa termasuk didalamnya BPD. Dalam kedudukannya sebagai lembaga desa yang menjalankan fungsi Pemerintahan Desa, BPD memiliki peran dan fungsi serta tugas yang strategis dalam rangka penyelenggaraan Pemerintahan Desa. Anggota BPD sebagai pelaksana peran lembaga BPD tentu dibutuhkan pengetahuan dan kemampuan dalam menjalankan fungsi dan tugasnya sesuai Peraturan Perundang-undangan.

Dalam rangka memberikan dukungan terhadap implementasi kebijakan tentang BPD, Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa dan Sekretariat Nasional (Seknas) FITRA yang bekerjasama dengan Autralian Goverment melalui dukungan KOMPAK telah menerbitkan buku pedoman BPD dan Modul Sekolah Anggaran. Buku dan Modul ini diharapkan dapat dijadikan pegangan bagi setiap anggota BPD guna meningkatkan pengetahuan dan kemampuannya dalam menjalankan fungsi, tugas, kewajiban, hak dan wewenanganya.

1. Buku Panduan BPD
Buku ini diterbitkan oleh Kementerian Dalam Negeri pada tahun 2018 bekerjasama dengan Autralian Goverment melalui dukungan KOMPAK. Adapun isi dari Buku panduan ini memuat :
  1. Kerangka Hukum pengaturan BPD
  2. Keanggotaan, Kelembagaan dan Peraturan Tata Tertib BPD
  3. Fungsi dan Tugas BPD
  4. Hak, Kewajiban dan Wewenang BPD
  5. Kegiatan BPD Dalam Pembangunan Desa
  6. Isu-isu Penting Penyelenggaraan Desa yang perlu dipahami oleh BPD
  7. Lampiran Alat Bantu Pelaksanaan Fungsi dan Tugas BPD
Selengkapnya bisa download secara gratis dengan cara klik DOWNLOAD DISINI
2. Modul Sekolah Anggaran
Modul ini memuat beberapa pokok bahasan yaitu :
  1. Implementasi Undang-undang
  2. Peningkatan Kinerja BPD
  3. Konsep Dasar Perencanaan dan Penganggaran Desa
  4. Analisis RPJM Desa dan RKP Desa Responsif Gender dan Inklusif
  5. Analisis Anggaran Desa
Selengkapnya bisa download dengan cara klik DOWNLOAD DISINI

Silakan dibagikan, semoga bermanfaat. Mari bergabung dengan FansPage Facebook kami Berbagi Desa untuk mendapatkan info-info lainnya tentang bansos dan info desa.

0 Response to "Buku Panduan BPD sebagai Penunjang Untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Kemampuannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel