Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Penyaluran Bantuan PKH Tahap 2 Tahun 2021 sudah Memasuki Termin 7

Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap 2 (dua) tahun 2021 pertama sekali mulai dicairkan Maret bulan lalu. Penyaluran bansos PKH untuk tahap 2 tahun ini mengalami banyak sekali kendala dikarenakan ada proses pemadanan data penerima bansos dengan data dukcapil Kementerian Dalam Negeri.
Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap 2 (dua) tahun 2021 pertama sekali mulai dicairkan Maret bulan lalu.
Akibat dari proses ini, banyak sekali Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH yang belum menerima bantuan di tahap 2 2021. KPM yang belum pencairan tahap 2 ini atau Nol Saldo rekeningnya diakibat dari dampak pemadanan data dengan Dukcapil.

Baca juga : Bantuan PKH, BPNT/Sembako dan BST Masih Saldo Nol, Simak Penyebab dan Solusinya !

Penyaluran PKH Tahap 2 ini dilakukan secara bertahap mengingat masih dilakukan sinkronisasi data penerima bansos dengan dukcapil yang belum usai. Bertahapnya penyaluran terlihat dari banyaknya termin data bayar dalam bentuk By Name By Address (BNBA) yang dikirim ke Dinas Sosial kabupaten/kota dimulai dari Termin 1 Gelombang 1 sampai Termin 7 Gelombang 12 hingga saat ini.

Untuk KPM PKH diminta tetap bersabar karena pendamping sendiri belum tahu sampai kapan akan dicairkan bantuan kepada sisa KPM yang masih nol saldo di tahap 2 ini. Penyaluran tahap 2 terbaru sudah memasuki Termin 7 Gelombang 12. Jadi bisa saja bagi yang belum menerima bantuan akan masuk ke Termin dan Gelombang selanjutnya.

Diharapkan kepada KPM tetap terus berkonsultasi dan melaporkan setiap permasalahan dengan pendamping PKH karena mereka adalah petugas program yang memiliki akses ke jenjang diatasnya.

Baca juga : KPM Wajib Tahu, KKS BPNT/Sembako atau PKH Harus Valid

Proses-proses sinkronisasi data yang disebutkan tadi tidak semudah membalikkan telapak tangan ada tahapan-tahapan yang dilalui, jadi kesabaran dari KPM PKH sangat diutamakan disamping dengan usaha pendamping PKH yang terus berkoordinasi dengan Operator PKH dan Koordinator PKH Kabupaten/Kota untuk ditindaklanjut ke tingkat Kementerian.

Semoga tulisan ini memberi sedikit pencerahan bagi KPM PKH. Silakan dishare untuk semua semoga bermanfaat. Mari bergabung dengan FansPage Facebook kami Berbagi Desa untuk mendapatkan info-info lainnya tentang bansos dan info desa.

Posting Komentar untuk "Penyaluran Bantuan PKH Tahap 2 Tahun 2021 sudah Memasuki Termin 7"