Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

KPM Wajib Tahu, KKS BPNT/Sembako atau PKH Harus Valid

Salam Berbagi Desa, Admin kembali menyapa sahabat berbagi desa di seantero Negeri.
Kali ini Admin akan berbagi tips mengecek valid tidaknya Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang digunakan sebagai ATM untuk melakukan transaksi penyaluran, baik itu Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/Sembako atau Program Keluarga Harapan (PKH).
Salah satu penyebab bansos nol saldo yaitu KKS BPNT/Sembako atau PKH tidak Valid
Seperti kita ketahui bersama, penyaluran bantuan sosial (bansos) BPNT/Sembako bulan April dan PKH tahap 2 (dua) tahun 2021 mengalami kendala karena ada proses sinkronisasi data penerima bansos dengan data dukcapil Kementerian Dalam Negeri (kemendagri). Akibat proses tersebut, sebahagian besar penerima bansos yang dibulan-bulan dan tahap sebelumnya lancar menerima bantuan, sekarang banyak yang Nol Saldo atau tidak ada pencairan baik itu BPNT/Sembako maupun PKH.

Proses sinkronisasi data penerima bansos oleh Kementerian Sosial sebagai otoritas yang menangani program bansos telah dilakukan dengan dukcapil kemendagri. Proses ini melibatkan semua pendamping dan pekerja sosial yang menangani program BPNT/Sembako dan PKH beberapa waktu lalu dengan melakukan pemadanan NIK dan Nama penerima bansos dengan dukcapil melalui aplikasi SIKS-NG.

Baru-baru ini ada beberapa Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang mempertanyakan kepada pendamping PKH dan BNPT, kenapa saldo BPNT/Sembako dan PKH nya masih Nol.

Baca juga : Bantuan PKH, BPNT/Sembako dan BST Masih Saldo Nol, Simak Penyebab dan Solusinya !
Pendamping PKH dan BPNT/Sembako menjawab, semua data ibu sudah kami validasi kemaren sesuai dokumen kependudukannya mungkin sebahagiannya masih berproses karena informasi yang kami dapat akan ada penyaluran susulan.

Untuk mengetahui permasalahan tersebut, ibu-ibu KPM BPNT/Sembako dan PKH bisa melakukan cek secara mandiri apakah data KKS BPNT/Sembako dan PKH nya valid, ini caranya :
  1. Apakah anda sudah ada e-KTP ? kalau belum silahkan segera rekam e-KTP ke dinas dukcapil setempat;
  2. Bagi yang sudah ada e-KTP, silakan cek Nama, Tempat/tanggal lahir dan cocokan dengan di Kartu Keluarga (KK) kalau berbeda berarti data tidak padan;
  3. Setelah dilakukan pengecekan EKTP dan KK sama 100%, silahkan cek kembali samakan dengan nama di KKS BPNT/Sembako atau PKH nya, wajib sama 100% beda satu huruf atau salah satu ada penggunaan spasi atau tanda baca lainya (berarti data tidak valid);
  4. Jika di e-KTP, KK dan KKS sudah padan/benar 100% sama, sedangkan saldo masih nol atau belum ada, silahkan cek kembali apakah masih ada di DTKS atau tidak (biasanya ada graduasi/KPM terverifikasi middle Class). Ceknya di desa/kelurahan masing-masing dan jangan gunakan cek online dilaman web cek dtks karena untuk data terbaru 2021 belum updating.
  5. Jika EKTP, KK dan KKS sudah benar 100% sama, sedangkan saldo belum ada, cek kembali apakah dalam KK bapak-ibu ada yang menjadi anggota PNS, TNI/Polri /Pegawai BUMN. Kalau ada berarti data otomatis digraduasi,
  6. Jika EKTP, KK dan KKS sudah benar 100% sama, sedangkan saldo belum ada serta tidak masuk dalam point (1,2,3,4 dan 5) berarti data masuk di tahap proses susulan.

Untuk semua permasalahan yang admin uraikan diatas sebaiknya tetap koordinasi dengan pendamping PKH dan BPNT/Sembako  serta Operator SIKS-NG tingkat Desa/Kelurahan.
Semoga KPM bansos yang masih nol saldo atau belum penyaluran bisa segera tersalurkan dalam beberapa hari kedepan.
Silakan dishare untuk semua semoga bermanfaat. Mari bergabung dengan FansPage Facebook kami Berbagi Desa untuk mendapatkan info-info lainnya tentang bansos dan info desa.

Sumber : SLRT Siak

Posting Komentar untuk "KPM Wajib Tahu, KKS BPNT/Sembako atau PKH Harus Valid"