Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mudah Cek Ketersediaan Kamar Rumah Sakit

BPJS Kesehatan selaku penyelenggara program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) terus berbenah dalam rangka meningkatkan kualitas layanan kesehatan dan informasi pelayanan kepada peserta program JKN-KIS.

Cara Mudah Cek Ketersediaan Kamar di sebuah Rumah Sakit
Salah satu upaya yang dilakukan BPJS Kesehatan untuk mewujudkan hal tersebut yaitu BPJS meluncurkan invovasi baru yang diberi nama Aplicares. Dari inovasi baru tersebut yang berupa Aplikasi Aplicares yang berfungsi menyediakan informasi ketersediaan kamar di sebuah rumah sakit.

Layanan ini bisa digunakan baik oleh pihak rumah sakit atau oleh peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di manapun berada karena berbasis online, sehingga peserta JKN-KIS atau pihak rumah sakit bisa melihat kamar rawat yang tersedia di seluruh rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan secara realtime.

Aplicares dirancang sedemikian rupa oleh BPJS Kesehatan terintegrasi dengan SIM rumah sakit, tujuannya untuk menunjukan kepada masyarakat luas bahwa rumah sakit dan BPJS Kesehatan terbuka dalam memberikan pelayanan. Hal ini diharapkan dapat meminimalisir keluhan terkait ketersediaan ruang rawat inap di rumah sakit.

Baca juga :  Cara Mendaftar Menjadi Penerima BPUM 2021

Aplikasi Aplicares sendiri terdapat 3 menu utama. Pertama, menu dashboard, berisi informasi jumlah faskes yang kerjasama dengan BPJS Kesehatan, dan informasi RS yang telah menyediakan informasi ketersediaan kamar dengan menunjuk pada running text yang terdapat di bagian atas grafik. Updating data ketersediaan tempat tidur terintegrasi dengan sistem informasi RS. Kedua, menu pencarian faskes berisi informasi lokasi, dan profil faskes. Ketiga, peta sebaran faskes BPJS Kesehatan.

Berikut langkah-langkah Cara Mudah Cek Ketersediaan Kamar di sebuah Rumah Sakit :
  • Pertama, masuk ke website Aplikasi Aplicares BPJS Kesehatan
  • Kedua, di halaman utama Aplikasi Aplicares klik tulisan berjalan Cek daftar rumah sakit yang sudah menyediakan info ketersediaan kamar, disini.
  • Ketiga, dihalaman selanjutnya Pilih Nama Provinsi dan Nama Kabupaten/Kota/Nama Dati 2
  • Keempat, klik tombol (cari faskes)
Selanjutnya akan ditampilkan sejumlah rumah sakit dikabupaten/kota setempat beserta daftar ketersediaan kamar/tempat tidur rumah sakit dan classnya dari VVIP,VIP, Utama,I, II, III, ICU, ICCU, NICU, PICU, IGD, UGD, Bersalin, HCU dan Kamar Isolasi.

Baca juga : Terbaru, Cara Cek Kepesertaan Dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)

Aplikasi Aplicares saat ini dapat diakses dengan mudah oleh publik. Aplikasi Aplicares merupakan bentuk keterbukaan informasi perihal fasilitas kesehatan baik Faskes Tingkat Pertama (PPK 1), maupun Faskes Rujukan Tingkat Lanjut (FKTRL).

Bahkan pada faskes yang menyediakan layanan rawat inap, publik dapat mengakses informasi perihal ketersediaan kamar yang tersedia pada faskes tersebut. Aplikasi berbasis website ini berfungsi mencari lokasi dan informasi tentang faskes yang diinginkan oleh publik. Serta memandu menuju lokasi yang dipilih dilengkapi dengan peta lokasi. Dan yang terpenting adalah bahwa Aplicares bisa digunakan untuk seluruh peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan.

Demikian langkah-langkah Cara mudah kek ketersediaan kamar di sebuah rumah sakit. Silakan dishare untuk semua semoga bermanfaat. Mari bergabung dengan FansPage Facebook kami Berbagi Desa untuk mendapatkan info-info lainnya tentang bansos dan info desa.

Sumber : www.slrtsiak.id yang dikutip dari Aplicares BPJS Kesehatan

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Cek Ketersediaan Kamar Rumah Sakit"