Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cek Rekeningnya, Bansos PKH Tahap 2 Termin 5 Tahun 2021 Mulai Cair

Salam Berbagi Desa...
Alhamdulillah Admin masih diberi kesempatan untuk berbagi informasi dengan sahabat berbagi desa semua. Sebagaimana kita ketahui bersama, penyaluran bantuan sosial (bansos) PKH Tahap II (dua) Tahun 2021 sudah mulai dicairkan akhir Maret bulan lalu.
Cek Rekeningnya, Bansos PKH Tahap 2 Termin 5 Tahun 2021 Mulai Cair
Penyaluran bansos PKH Tahap 2 kali ini dilakukan dalam beberapa Termin, maksudnya penyaluran secara bertahap tergantung dengan hasil proses perbaikan NIK dan pemadanan data dengan dukcapil pusat. Penyaluran Tahap 2 tahun 2021 sudah dicairkan dari Termin 1,2,3,4 dan terakhir Termin 5 yang sudah dikirim datanya dalam bentuk By Name By Address (BNBA) Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH ke Dinas Kabupaten/Kota masing-masing.

Sebahagian besar penerima PKH didaerah masih saldo nol rekening di Tahap 2 ini. Jika hal ini terjadi pada anda, hal itu disebabkan karena beberapa kemungkinan yaitu :
  1. Anda sudah tidak lagi terdaftar dalam DTKS, atau;
  2. NIK anda tidak valid dengan data Dukcapil,atau;
  3. Anda sudah tidak tercatat sebagai penerima bantuan, atau;
  4. Ada ketidaksesuai data anda di bank, atau;
  5. Masih dalam proses penyaluran bantuan sosial.
Untuk memastikannya, silakahkan lakukan hal-hal berikut ini :
  1. Cek nama anda dalam DTKS melalui operator SIKS-NG di Desa;
  2. Cek validasi NIK anda di kantor Disdukcapil setempat;
  3. Cek Kepesertaan anda sebagai penerima bantuan sosial PKH melalui Pendamping PKH
  4. Cek data anda di bank penyalur bantuan sosial anda;
  5. Cek saldo anda dengan cara cetak buku tabungan / rekening koran.
Kita harapkan sebahagian besar yang belum ada datanya dalam BNBA Tahap 2 Termin 5 bisa segera dicairkan di Termin berikutnya.

Baca juga : Syarat-syarat Penerima PKH dan Besaran Bantuannya

Langkah penting yang harus dilakukan KPM PKH jika masih ada yang saldo nol ialah melaporkan kepada Pendamping PKH yang mendampingi desa saudara supaya Pendamping yang bersangkutan bisa meneruskan informasi tersebut kepada petugas di kabupaten. Untuk KPM PKH yang namanya sudah ada dalam BNBA Termin 5 ini sudah bisa mengecek saldo rekeningnya ke ATM Bank dan agen-agen Bank terdekat.

Perlu diketahui juga bahwa KPM yang namanya ada dalam BNBA tidak serta merta langsung masuk saldo rekening, biasanya beberapa hari kedepan baru masuk saldo.
Kembali kami ingatkan skema jumlah bantuan yang dibayarkan dalam PKH berdasarkan aturan terbaru, yaitu sebagai berikut :

Terkait BNBA Termin 5 yang admin sebutkan diatas, harap tunggu informasi dari Pendamping PKH yang mendampingi desa saudara-saudara karena hal tersebut merupakan tupoksi Pendamping yang sebagai petugas dari program PKH.

Baca juga : Apa Hak dan Kewajiban Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH, Simak Disini !

Untuk lebih jelas tentang aturan dan mekanisme terbaru terkait penyaluran bansos PKH bisa menanyakan langsung ke pendamping PKH dilapangan.

Semoga penjelasan diatas menjadi sedikit pencerahan terkait pencairan bansos PKH Tahap 2 Termin 5 Tahun 2021. Mari bergabung dengan FansPage Facebook kami Berbagi Desa untuk mendapatkan info-info lainnya tentang bansos dan info desa.

Posting Komentar untuk "Cek Rekeningnya, Bansos PKH Tahap 2 Termin 5 Tahun 2021 Mulai Cair"