Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kemendagri Luncurkan Sistem Pengelolaan Aset Desa (SIPADES) V.2.0 dan Modulnya

Kemendagri melalui Ditjen Bina Pemdes meluncurkan aplikasi Sistem Pengelolaan Aset Desa (SIPADES Online Versi 2.0) berbasis web yang menggantikan versi sebelumnya, yakni SIPADES versi 1.0 berbasis desktop. Aplikasi ini resmi dari pemerintah dan diberikan secara gratis kepada pemerintah daerah serta Pemerintah Desa.

Sistem Pengelolaan Aset Desa (SIPADES) dan Modulnya

Diharapkan aplikasi ini mampu mempermudah pemerintah desa dalam pengelolaan aset desanya guna mewujudkan akuntabilitas dan transparansi.

Sedangkan bagi pemerintah pusat dan pemerintah daerah, aplikasi ini dapat digunakan sebagai alat untuk melakukan fungsi-fungsi pembinaan dan pengawasan (Binwas) pengelolaan aset desa, tutur Dr. Drs. Yusharto Huntoyungo, M.Pd selaku Dirjen Bina Pemerintah Desa Kemendagri.

Baca juga : Permendagri Nomor 1 Tahun 2016 Tentang Pengelolaan Aset Desa

Untuk dasar hukumnya sebagaimana telah diamanatkan dalam Undang-Undang Desa Nomor 6 tahun 2014 dan Permendagri Nomor 1 tahun 2016 tentang Pengelolaan Aset Desa. Pengelolaan aset Desa sebagaimana disebutkan dalam pasal 7 permendagri Nomor 1 tahun 2016, meliputi :

  1. Perencanaan;
  2. Pengadaan;
  3. Penggunaan;
  4. Pemanfaatan;
  5. Pengamanan;
  6. Pemeliharaan;
  7. Penghapusan;
  8. Pemindahtanganan;
  9. Penatausahaan;
  10. Pelaporan;
  11. Penilaian;
  12. Pembinaan;
  13. Pengawasan; dan
  14. Pengendalian.

Pengelolaan Aset Desa sebagai kekayaan milik desa dilaksanakan berdasarkan asas kepentingan umum, fungsional, kepastian hukum, keterbukaan, efisiensi, efektivitas, akuntabilitas, dan kepastian nilai ekonomi. Sebagai kekayaan milik, pengelolan aset desa dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat Desa serta meningkatkan pendapatan Desa.

Untuk memudahkan sababat Berbagi Desa dalam penggunaan Aplikasi Sipades 2.0, berikut ini Admin berbagi modul penggunaan Aplikasi Sipades 2.0 berbasis web, silakan Download disini.
Silakan dishare untuk semua semoga bermanfaat. Mari bergabung dengan FansPage Facebook kami Berbagi Desa untuk mendapatkan info-info lainnya tentang bansos dan info desa.

Posting Komentar untuk "Kemendagri Luncurkan Sistem Pengelolaan Aset Desa (SIPADES) V.2.0 dan Modulnya"