Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kartu Prakerja Gelombang 12 Kembali Dibuka, Bagaimana Cara Daftarnya ?

Program Kartu Prakerja yang merupakan Program Presiden Joko Widodo dimasa kepemimpinannya diperiode kedua kembali dibuka di tahun 2021 ini. Kartu Prakerja yang telah dimulai dari tahun 2020 sudah berjalan sebanyak 11 gelombang. Tahun 2021 ini pemerintah kembali melanjutkan program kartu Prakerja gelombang 12 sebagaimana yang telah diumumkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto di Jakarta, Selasa (23/02/2021).

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 12
Kartu Prakerja Gelombang 12 menyasar sebanyak 600.000 peserta dan akan ditutup jika kuota tersebut sudah terpenuhi menyesuaikan dengan kemampuan dari teknologi Kartu Prakerja tersebut. Pemerintah menargetkan secara keseluruhan hingga sepanjang semester I tahun 2021 ini jumlah peserta Kartu Prakerja sebanyak 2,7 juta orang dengan anggaran 10 Triliun.

Baca juga : Cara Daftar Akun KIP Kuliah 2021 Dengan Mudah

Peserta Kartu Prakerja Gelombang 12 akan mendapatkan insentif sebesar Rp 3,55 juta dengan rincian Rp 1 juta untuk biaya pelatihan, insentif pasca pelatihan sebesar Rp 600 ribu selama 4 bulan dan insentif survei Rp 50.000 untuk 3 (tiga) kali survei.

Kapan dimulai Kartu Prakerja Gelombang 12 ?

Dilihat dari Akses gabung ke gelombang 12 di web Prakerja.go.id sendiri untuk join ke gelombang 12 dimulai tanggal 23 Februari sampai dengan 26 Februari 2021. Namun tidak ditutup kemungkinan untuk diperpanjang jika kuota 600.000 peserta belum terpenuhi untuk gabung ke gelombang 12.

Baca juga : Pengaduan Online Beberapa Program Bantuan Sosial

Untuk bisa ikut program Kartu Prakerja Kerja gelombang 12, calon peserta harus terpenuhi 3 persyaratan utama, yaitu :

  1. Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Berusia diatas 18 tahun.
  3. Sedang tidak menempuh pendidikan formal.

Bagaimana Cara Kartu Prakerja Gelombang 12 ?

Pendaftaran untuk gelombang 12 sama seperti gelombang-gelombang sebelumnya di tahun 2020 melalui web resmi www.prakerja.go.id.
Berikut langkah-langkah cara daftar Kartu Prakerja Gelombang 12 :

  1. Pendaftaran dilakukan secara online di link daftar Prakerja www.prakerja.go.id. Setelah membuka lakukan login dengan akun yang telah dibuat.
  2. Bagi yang belum daftar, klik daftar. Lalu isi alamat email, password, dan konfirmasi password. Klik Saya menyetujui Syarat dan Ketentuan dan Kebijakan Privasi yang berlaku. Lalu klik daftar.
  3. Setelah daftar, data akan diverifikasi melalui email. Klik verifikasi data yang dikirim ke email anda.
  4. Isi verifikasi KTP dengan masukkan 16 digit nomor KTP, nomor kartu keluarga, dan tanggal lahir.
  5. Selanjutnya, verifikasi telepon dengan masukkan data diri dan nomor HP. Kode OTP akan dikirimkan melalui SMS ke nomor HP anda.
  6. Berikutnya saat foto, pastikan seluruh wajah terlihat jelas. Jangan gunakan kacamata dan masker.
  7. Siapkan alat tulis untuk mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar secara online.
  8. Klik Gabung pada gelombang daftar Prakerja yang sedang dibuka, yakni Prakerja gelombang 12. Pendaftaran anda akan dievaluasi oleh Pelaksana Program Kartu Prakerja.
  9. Tunggu pengumuman seleksi peserta yang lolos daftar Prakerja.

Ini Capture alur pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12.

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 12
Demikian sedikit uraian Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 12, Silakan dishare untuk semua semoga bermanfaat. Mari bergabung dengan FansPage Facebook kami Berbagi Desa untuk mendapatkan info-info lainnya tentang bansos dan info desa.

Posting Komentar untuk "Kartu Prakerja Gelombang 12 Kembali Dibuka, Bagaimana Cara Daftarnya ?"