Cara Cek BPUM UMKM di 3 Bank, Bank Aceh Syariah, BRI dan BNI, Begini Caranya !

Cara Cek BPUM UMKM di 3 Bank, Bank Aceh Syariah, BRI dan BNI, Begini Caranya !
Cara Cek BPUM UMKM di Bank Aceh Syariah, BRI dan BNI
Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) untuk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tahun ini masih bisa dicairkan sampai Desember 2021. BPUM ini diperuntukkan bagi pelaku usaha kecil dan menengah yang terdampak pandemi Covid-19 yang mengakibatkan daya beli masyarakat menurun.

Oleh sebab itu, pelaku usaha mikro dan menengah menjadi salah satu target pemerintah dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Jumlah bantuan yang diterima oleh pelaku usaha berbeda dari tahun yang lalu, kalau tahun 2020 bantuan yang diterima sebesar Rp 2,4 juta, maka untuk tahun 2021 ini bantuannya Rp 1,2 juta per pelaku usaha.

Apa saja syarat mendapatkan BPUM UMKM 2021, ini syaratnya :
  1. WNI
  2. Memiliki e-KTP
  3. Memiliki Usaha Mikro yang dibuktikan dengan surat usulan calon penerima BPUM dari pengusul BPUM serta lampirannya yang merupakan satu kesatuan.
  4. Bukan ASN, anggota TNI/Polri, serta pegawai BUMN/BUMD.
  5. Tidak sedang menerima Kredit Usaha Rakyat (KUR)
Lantas apa saja kategori penerima Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) UMKM tahun 2021.
Penerima bansos ini dibagi 3 kategori yaitu :
  1. Pelaku usaha yang sudah pernah menerima BPUM tahun lalu tanpa perlu mengusulkan ulang.
  2. Pelaku UMKM yang belum pernah mendapat BPUM UMKM.
  3. Pelaku UMKM yang sudah pernah diusulkan tahun lalu tetapi belum mendapatkan bantuan.
Penerim bantuan UMKM tidak dipungut biaya apapun dan tidak perlu dikembalikan bantuannya kemudian hari karena ini dana hibah bukan pinjaman atau kredit.

Penyaluran BPUM disalurkan melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI) dan khusus untuk Provinsi Aceh tahun ini dicairkan melalui Bank Aceh Syariah atau BPD.

Bagaimana Cara Cek BPUM UMKM di 3 Bank, Bank Aceh Syariah, BRI dan BNI tersebut ?

Ketiga bank pemerintah tersebut sudah menyediakan portal yang bisa dicek secara online penerima BPUM, jadi tidak perlu lagi melihat-lihat pengumuman di bank, penerima tinggal mempersiapkan dokumen untuk pencairan saja.

Untuk Bank Aceh Syariah, ini link resminya https://eform.bankaceh.co.id/bpum, sedangkan untuk BRI https://eform.bri.co.id/bpum dan BNI https://banpresbpum.id/. Pelaku usaha cukup memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai e-KTP di portal eform tersebut. Jika anda terdaftar sebagai salah satu penerima, maka akan muncul pesan "Nomor e-KTP terdaftar sebagai penerima BPUM atas nama .....dengan nomor rekening xxxxx"

Bagi anda yang terdaftar sebagai penerima BPUM, silakan ke bank terdekat untuk melakukan verifikasi dan menyiapkan dokumen yang dibutuhkan untuk pencairan bantuan. 

0 Response to "Cara Cek BPUM UMKM di 3 Bank, Bank Aceh Syariah, BRI dan BNI, Begini Caranya !"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel