Bantuan Sosial BPNT / BSP Sembako Tidak Cair Setelah Ganti KKS Baru, Simak Penjelasannya Disini !!

BANTUAN SOSIAL BPNT / BSP SEMBAKO TIDAK KELUAR SETELAH GANTI KKS BARU

Bantuan Sosial BPNT / BSP Sembako Tidak Cair Setelah Ganti KKS Baru, simak penjelasannya disini !!
Selamat pagi sahabat Berbagi Desa semuanya, mengutip dari postingan Facebook Koordinator Contact Center PKH Kementerian Sosial RI Mas Guruh Andrianto tentang bagaimana solusi permasalahan KPM BPNT / BSP Sembako yang selalu kosong bantuan sembakonya akibat dari pergantian KKS baru yang disebabkan beberapa alasan. Silakan dipelajari dan pahami petunjuk dari beliau dibawah ini.
_ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _

Saya sering mendapatkan pertanyaan dari KPM baik KPM PKH atau KPM BSP Sembako yang mengeluhkan bantuan sosial BPNT / BSP Sembako nya tidak keluar setelah dilakukan pergantian KKS yang lama ke KKS yang baru. Penyebab KPM melakukan pergantian KKS biasanya karena KKS sudah rusak atau hilang. Hal ini tentu sangat membuat kesal para KPM tersebut karena biasanya mereka mendapatkan bantuan sosial BPNT / BSP Sembako setiap bulan kini selalu kosong. Pada akhirnya, timbul pikiran buruk kepada para petugas pelaksana program bantuan sosial yang ada di lapangan.

Berdasarkan informasi yang saya peroleh pihak bank HIMBARA, salah satu penyebab yang paling sering terjadi adalah karena rekening E-Wallet yang fungsinya untuk menampung dana bantuan sosial BPNT / BSP Sembako tidak atau belum sempat dipindahkan ke KKS yang baru tadi. Itu sebabnya meski KPM sudah memiliki KKS baru, tidak ada dana yang masuk karena nomor KKS yang baru tadi belum tercatat. Lalu bagaimana mengatasi permasalahan tersebut?

Caranya sebenarnya sangat sederhana. Begitu KPM sudah mendapatkan KKS yang baru maka KKS yang baru tadi segera difoto kopi dan serahkan foto kopian KKS bersama foto kopi KTP dan KK kepada petugas pelaksana program bantuan sosial BPNT / BSP Sembako. Jika anda tidak bisa menemukan petugas tersebut silahkan langsung menghubungi Koordinator Daerah (Korda Sembako) yang ada di Dinas Sosial Kabupaten / Kota.

Setelah menemui petugas tadi, KPM menyampaikan bahwa nomor KKS yang KPM miliki harus diperbaharui. Nantinya para petugas ini akan menyampaikan ke Kementerian Sosial tentang adanya perubahan nomor KKS milik KPM sehingga pihak Kementerian Sosial akan segera memindahkan rekening E-Wallet yang tadinya ada di KKS lama ke KKS yang baru dengan memperbaharui nomor KKS nya. Dengan begitu, saat penyaluran bantuan sosial berikutnya dana bantuan sosial BPNT / BSP Sembako sudah disalurkan ke rekening E-Wallet yang ada di KKS baru.

Mudah bukan?

Bagi KPM baik KPM PKH maupun KPM BPNT / BSP Sembako yang mengalami permasalahan di atas silahkan mencoba solusi yang sudah saya sampaikan. Semoga berhasil.

Rangkasbitung, 11.08.2021
---------------------------
Guruh Andrianto

Admin juga mengingatkan kembali masyarakat harus bisa membedakan antara pendamping PKH dan pendamping BPNT/BSP Sembako, pendamping PKH tidak menangani sembako karena sembako sendiri ada pendampingnya jadi jangan sampe gagal paham.

Sampai disini jelaskan..."Pendamping PKH bukan Pendamping semua Bantuan Sosial (Bansos).

Semoga postingan ini bisa menambah wawasan kita semua, silakan dibagikan jika bermanfaat.


0 Response to "Bantuan Sosial BPNT / BSP Sembako Tidak Cair Setelah Ganti KKS Baru, Simak Penjelasannya Disini !!"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel